Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Resmikan Desa Sadar Kerukunan Tingkat Kota Tanjungpinang

15-06-2021


* Kakanwil Kemenag Kepri Resmikan Desa Sadar Kerukunan Tingkat Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang (Humas) - Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I meresmikan Desa Sadar Kerukunan Tingkat Kota Tanjungpinang di Kelurahan Senggarang, Senin (14/06/2021). Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Setdako Tanjungpinang H. Samsudi, S.Sos, M.Si, Kakankemenag Bintan Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd dan Plt. Kakankemenag Tanjungpinang, H. Zahid, S.Ag.

Program Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama merupakan salah satu program unggulan pemerintah pusat yang bertujuan melestarikan pengembangan kerukunan umat beragama di daerah. Dalam hal ini, pemerintah pusat melalui Kemenag di tingkat Kota/Kabupaten mempercayakan FKUB setempat untuk melaksanakan kegiatan pencanangan Desa Sadar Kerukunan agar kehidupan bermasyarakat berjalan dengan damai tanpa adanya konflik dan gesekan antara satu dengan yang lain.

Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto dalam sambutannya mengatakan dalam kehidupan sehari-hari sering kali dihadapkan oleh tantangan perihal sosial kemasyarakatan, disinilah aspek kerukunan ditengah masyarakat menjadi hal yang mendesak agar terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.

"Bila masyarakat rukun maka kita memiliki energi yang besar untuk bekerja sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan Desa Sadar Kerukunan di Kelurahan Senggarang Kota Tanjungpinang. Ia berharap Desa Sadar Kerukunan harus menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi, bukan tempat yang mengkhawatirkan karena rentan akan gesekan sosial.

"Sikap toleransi dan saling menghargai harus di kedepankan agar Tanjungpinang lebih kondusif, aman  tentram dan nyaman, terlebih ditengah situasi pandemi Covid-19 saat ini," tutur Kakanwil.

Terakhir, Kakanwil berharap dengan diresmikannya Desa Sadar Kerukunan di Kelurahan Senggarang, Kota Tanjungpinang tidak hanya sekedar simbolik tapi menjadi pemicu semangat untuk menjadi contoh masyarakat heterogen dapat berjalan dengan harmonis.

"Saya berharap, kedepan tidak ada lagi konflik antar umat beragama, ras maupun suku, karna bangsa ini lahir ditengah keberagaman, Bangsa Indonesia lahir atas dasar perbedaan yang disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika, semoga kawasan sadar kerukunan di Kelurahan Senggarang menjadi contoh di Kepulauan Riau dan Indonesia," tutupnya.
 

33

Berita Terkait