Minggu 20 Juni 2021

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Pantau Prokes di Gereja di Tanjungpinang dan Bintan

12-05-2021


* Kakanwil Kemenag Kepri Pantau Prokes di Gereja di Tanjungpinang dan Bintan

Tanjungpinang (Humas)_Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama No 8 dan 9 mengenai panduan protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan Hari Kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani, yang bertepatan dengan perayaan Idulfitri 1442 H, pada Kamis 13 Mei 2021, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I yang didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan, S.Ag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bintan H. Erman Zaruddin, PLT Kemenag Kota Tanjungpinang H. Zahid melakukan pemantauan prokes di beberapa gereja di kota Tanjungpinang dan Kab Bintan pada Rabu, (12/05/21). 

Dalam pantauan tersebut Kakanwil berharap semua gereja menerapkan prokes yang ketat dalam pelaksanaan Kenaikan Isa Almasih, hal ini mengingat di Indonesia dan lebih khusus di Kepulauan Riau mengalami lonjakan kasus covid 19 yang drastis, terutama Tanjungpinang dan Bintan masuk zona merah. 

"Kita berharap pelaksanaan Kenaikan Isa Almasih berjalan dengan khidmat meskipun dalam kondisi covid19 dan keterbatasan jemaah yang hadir, semoga dengan prokes ini tidak mengurangi makna peringatan Kenaikan Isa Almasih," ucap Kakanwil. 

Sebagaimana diketahui, bahwa gereja di Tanjungpinang dan Bintan membatasi jumlah jemaat yang hadir dengan menerapkan sistem Misa HSMTB, dimana jemaat wajib mengisi formulir terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor tempat duduk. "Upaya pembatasan jemaat yang diterapkan oleh gereja sangat baik, dengan begitu gereja tidak diisi penuh oleh jemaat, sehingga social distancing bisa diterapkan", ujar Kakanwil lagi.  

Kakanwil berharap semua umat beragama di provinsi Kepulauan Riau bisa tertib melaksanakan prokes sehingga rumah ibadah di provinsi Kepulauan Riau tidak menjadi claster covid 19.

"Saya berharap tidak ada cluster covid19 di rumah ibadah, seluruh umat beragama berdoa agar wabah ini cepat berlalu dan kita bisa kembali beraktifitas seperti semula", tutup kakanwil.

59

Berita Terkait