Minggu 31 Mei 2020

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Imbau Umat Muslim Tunaikan Zakat dan Wakaf

04-05-2020


* Kakanwil Kemenag Kepri Imbau Umat Muslim Tunaikan Zakat dan Wakaf

Tanjungpinang (Humas)_ Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA kembali mengimbau umat muslim di Kepulauan Riau untuk segera menunaikan zakat. Hal tersebut dikatakannya ketika melakukan perekaman imbauan zakat dan wakaf, Senin (4/5/2020) di Tanjungpinang.

“Kami mengajak umat Islam sesegera mungkin menunaikan zakat seiring kebutuhan mendesak bagi mustahik yang kian rentan karena wabah Covid-19”, kata Kakanwil mengawali imbauannya.

"Mempercepat zakat untuk fakir miskin Ini untuk meringankan beban saudara kita," ujarnya.


“Pada bulan Ramadan yang mulia ini, mari segerakan berzakat. Karena setelah perintah salat, kita diperintahkan untuk berzakat. Perintah salat dan zakat selalu bergandengan,” jelasnya.

Menurut Kakanwil, hal tersebut penting bagi umat Islam untuk segera menunaikan zakat tersebut sesuai kondisi dan urgensi saat ini. "Bagi yang berkecukupan agar menyisihkan yang terdampak langsung atau tidak langsung,” sebutnya.

Dalam rangka menghindari kontak langsung yang dapat menjadi sarana penularan Covid-19, Kakanwil mengajak zakat disalurkan melalui daring atau online kepada Baznas, LAZ dan lembaga amil zakat yang telah mendapat rekomendasi pemerintah.

“Bisa transfer langsung baik melalui e-banking maupun transfer melalui ATM. Tetapi intinya hindari kontak langsung. Baznas, LAZ dan lembaga zakat lainnya sudah mempublikasikan rekening tempat pembayaran zakat,” ucapnya.

Kakanwil juga mengajak umat Islam untuk berwakaf. Menurutnya wakaf menjadi instrument pengentasan kemiskinan yang memiliki kekuatan yang besar.

“Potensi wakaf di Kepri sangat terbuka lebar. Mari kita berwakaf, apalagi sekarang semakin dikembangkan wakaf produktif,” imbuhnya.
 

118

Berita Terkait