Kamis 26 November 2020

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Ikuti Sosialisasi Reformasi Birokrasi

25-06-2020


* Kakanwil Kemenag Kepri Ikuti Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Tanjungpinang (Humas)-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH.MA mengikuti kegiatan sosialisasi Reformasi Birokrasi secara online yang diselenggarakan oleh Biro Ortala Kemenag RI, Kamis (25/6/2020). Hadir secara online Kabid Pakis H. Muhammad Syafii, Kasubbag Umum dan Humas H. Suparno dan Kasubbag Ortala dan KUB H. Utha Chuandra. 

Biro Ortala Kemenag RI menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Plt. Deputi Bidang RB Kemenpan RB Jufri Rahman, Asdep Wilayah III Kemenpan RB Naptalina Sipayung dan lainnya.

Plt. Deputi Bidang RB Kemenpan RB Jufri Rahman dalam arahannya mengatakan agenda prioritas RB antara lain menyederhanakan struktur organisasi/ instansi, menyederhanakan proses perizinan, dan penegakkan integritas untuk memperkuat reformasi birokrasi.

“Saya minta Kemenag ciptakan unit kerja percontohan yang akan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi dengan kriteria, yakni unit yang paling penting dalam menciptakan pelayanan, unit yang mengelola sumber daya yang besar dan memiliki keberhasilan paling tinggi,” kata Jufri.

Hingga 2019 setidaknya sudah ada 66 K/L dengan 1.616 unit kerja yang dinilai dan 455 unit kerja diantaranya ditetapkan sebagai wilayah bebas korupsi. Sebanyak 24 provinsi dengan 98 unit kerja diantaranya 17 unit kerja ditetapkan sebagai WBK dan 139 kabupaten/kota dengan 525 unit kerja dan 31 diantaranya ditetapkan sebagai WBK.

“Kami juga menilai SAKIP sudah mendorong K/L untuk fokus pada target-target pembangunan, dan tidak lagi terpaku pada realisasi anggaran semata. Tetapi mereka sudah berpikir bagaimana outcomesnya dirasakan secara nyata oleh masyarakat pengguna layanan,” kata Jufri lagi.

Sementara itu, Asdep Wilayah III Kemenpan RB Naptalina Sipayung juga mengatakan sampai hari ini semua K/L sudah melakukan submit untuk pelaksanaan roadmap PNPRB yang batas waktunya pada Juni 2020.

Dia menilai tren nilai SAKIP dan RB di Kementerian Agama terus menanjak. Nilai SAKIP Kemenag saat ini berada pada 70.52 dan nilai RB 2019 75.04. “Survey eksternal juga naik menjadi 3.36 point dan indesk persepsi anti korupsinya juga naik menjadi 3.43 point. Saya harap terus ditingkatkan,” pinta Naptalina.

Naptalina menjelaskan asas penyusunan road map RB 2020-2024 berfokus pada akar masalah tata kelola pemerintahan dan prioritas perbaikan tata kelola pemerintahan sesuai dengan karakteristik sumber daya dan tantangan yang dihadapi. “Dan saya kira masalah di semua instansi sama,” jelasnya.

“Dengan demikian arah roadmap RB 2020-2024 lebih melibatkan banyak pihak dengan strategi yang implementatif, dan program kegiatan di design sampai unit kerja terkeci,” tambahnya.

“Perhatikan, RB tidak hanya diatas kertas semata, tetapi harus dilaksanakan. Jika hanya ada di atas kertas laporan saja itu hanya adminsitratif tetapi perubahan tidak dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Kepri berkomitmen untuk menuntaskan proses RB yang tengah berlangsung. “Kanwil Kemenag Kepri beserta seluruh satuan kerjanya harus berkontribusi pada peningkatan nilai RB K/L,” tegasnya.
 

214

Berita Terkait