Selasa 07 Juli 2020

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Hadiri Penyerahan Bantuan Pembebasan Dan Pendanaan Pendidikan

26-05-2020


* Kakanwil Kemenag Kepri Hadiri Penyerahan Bantuan Pembebasan Dan Pendanaan Pendidikan

Tanjungpinang (Humas)_Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin,SH,.MA menghadiri penyerahan bantuan pembebasan, keringanan dan pendanaan penyelenggaraan pendidiikan SMA, MA, SMK dan SLB se Kepulauan Riau di Gedung Daerah Jalan SM. Amin Tanjungpinang, Selasa (26/5/2020). Penyerahan dilakukan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto, MM.

Penyerahan bantuan dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kepri, perwakilan FKPD dan para Kepala OPD Kepri dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum undangan memasuki ruang utama Gedung Daerah, setiap undangan diperiksa suhu tubuhnya, mencuci tangan dengan sanitizer, dan jarak tempat duduk yang berjauhan.

Dalam laporannya Sekda Kepulauan Riau Dr.TS. Arif Fadillah menyebutkan sejauh ini wabah virus Covid-19 telah mempengaruhi tata kehidupan masyarakat provinsi Kepulauan Riau. Setidaknya terdapat 153 orang pasien positif Covid di Kepri. Bantuan pendidikan dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 yang memiliki anak-anak yang masih usia sekolah tingkat atas.

"Dalam kondisi seperti saat ini kami memandang orang tua siswa pasti kesulitan membayar SPP anak sekolah sehingga kita perlu membantu dengan membebaskan dan meringankan beban biaya pendidikan. Sumber anggaran dari anggaran penanganan Covid-19 dan Temasek Singapore. Khusus untuk bantuan yang berasal dari Temasek Singapore hari ini merupakan kali kedua setelah pada tahap pertama telah diserahkan bantuan pada tanggal 21 April 2020", kata TS. Arif Fadillah.

"Tujuannya adalah agar penyelenggaraan pendidikan berjalan baik meskipun ada pandemi, dan orang tua wali murid merasa terbantu. Bantuan diberikan kepada orang tua murid dengan kategori miskin, rentan miskin, pekerja harian, pekerja yang di PHK, pekerja yang dirumahkan," tambahnya.

Sekda menjelaskan setidaknya ada 146 SMA, 111 SMK, 18 SLB, 39 MA yang memperoleh bantuan. Pembebasan dan keringanan SPP ini diberikan untuk bulan April dan Mei 2020.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau dalam arahannya mengatakan progres penanganan Covid-19 di Kepulauan Riau sudah menunjukkan trend yang positif.
"Masyarakat sudah cukup memperhatikan imbauan pemerintah untuk memberlakukan protokol kesehatan. Kita bisa memanfaatkan sinar matahari yang melimpah untuk berjemur agar lebih sehat. Masyarakat Kepulauan Riau yang nelayan tidak mudah terjangkit virus," ucap Gubernur.

"Jika masyarakat kompak bersama-sama mencegah penularan secara disiplin maka setidaknya bulan Juli bisa kita tuntaskan. Syaratnya masyarakat disiplin pakai masker, menghindari keramaian, di rumah saja, cuci tangan  dan menjaga jarak maka Insya Allah bisa tuntas. Memang kita harus nyinyir terus agar masyarakat tidak lupa," tambahnya.

"Kepada penerima bantuan, kami berharap agar membantu kami dengan menjelaskan kepada masyarakat bahwa belum semua peserta didik menerima bantuan, karena bantuan ini menggunakan anggaran Covid-19 yang mekanisme penggunaannya sudah diatur. Jika nanti kondisi sudah membaik, kita akan coba menggali potensi APBD agar pembebasan biaya pendidikan bisa dinikmati oleh semua peserta didik," jelas Isdianto.

Di lokasi yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Mukhlisuddin mengatakan ucapan terima kasihnya kepada Pemprov Kepri yang telah mengalokasikan anggaran Covid-19 untuk lebih dari 1.300 siswa madrasah di Kepulauan Riau.

"Hari ini secara simbolik kita terima bantuan penyelenggaraan pendidikan untuk madrasah aliyah yang ada di Kepri. Salah satunya secara simbolik juga diterima oleh Kepala MAN Tanjungpinang. Kemenag secara terpusat juga sudah menyalurkan bantuan Covid-19 pada Ramadhan yang lalu," ujar Kakanwil.
 

151

Berita Terkait