Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Buka Kegiatan Bimbingan Keluarga Kristiani

12-11-2019


* Kakanwil Kemenag Kepri Buka Kegiatan Bimbingan Keluarga Kristiani

Batam (Inmas)-Kepala Kanwil Kemenag Kepri melalui Pembimbing Masyarakat Kristen menyelenggarakan kegiatan bimbingan keluarga Kristiani tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Hotel 89 Batam, Selasa (12/11/2019).

Dalam arahannya Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk menebarkan kedamaian dalam keluarga. Menurutnya keluarga merupakan unit terkecil dalam negara yang memegang peranan menuju kesejahteraan.

“Namun harus diingat, sejahtera bukan berarti mewah. Sejahtera adalah tercukupinya kebutuhan dasar dalam keluarga sehingga tercapai kebahagiaan,” kata Kakanwil.

Kakanwil mengingatkan bahwa masing-masing keluarga sudah diatur oleh agama masing-masing. “Jika kita berpegang teguh pada apa yang sudah diatur dalam agama kita masing-masing maka perjalanan kehidupan dalam keluarga akan berjalan baik,” pesannya.

Kementerian Agama, menurut Kakanwil memiliki peranan dalam membina keluarga yang sejahtera lahir dan bathin dalam kerangka membina keluarga yang berkualitas. Kemenag juga mengoptimalkan manfaat potensi keagamaan.

Dalam perannya sebagai unit terkecil dalam negara, keluarga juga berperan dalam menjaga kerukunan umat beragama. “Keluarga-keluarga di Indonesia berkewajiban untuk meningkatkan kerukunan intern umat beragama, antara umat beragama dan antara umat beragama dengan pemerintah,” sebut Kakanwil.

“Ingat, keluarga merupakan tempat pertama bagi anak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang. Keluarga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Anak ibarat kertas putih, dimana orang tuanya yang akan mendidiknya yang akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Jadi dapat disimpulkan, dunia ini aman tergantung pada keluarga-keluarga yang kita bina,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Indriastuti RM dalam laporannya menyebutkan sasaran pada kegiatan ini adalah pasangan suami istri yang berjumlah 17 pasang atau 34 orang dengan pembagian quota peserta Kota Batam 22 orang, Tanjungpinang 2 orang, Bintan 2 orang, Karimun 2 orang, Lingga 2 orang, dan Natuna 2 orang.

Tujuan diadakan kegiatan ini, menurutnya untuk memberikan pembinaan kepada umat Kristen khususnya keluarga Kristen yang harmonis di Kepulauan Riau, memberikan pemahaman kepada umat Kristen bahwa keluarga Kristen adalah institusi pertama yang didirikan Allah, bukan gereja bukan sekolah dan lain-lain (kejadian 2:18-25), dan memberikan pemahaman kepada umat Kristen bahwa keluarga Kristen adalah merupakan pusat dan tujuan dari perjanjian Allah (As the center of God Convent purpose). Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari.  (hatiman)
 

42

Berita Terkait