Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Bina Penyelenggara Ibadah Umroh

06-11-2019


* Kakanwil Kemenag Kepri Bina Penyelenggara Ibadah Umroh

Tanjungpinang (Inmas)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA membina penyelenggara ibadah umroh se Kota Tanjungpinang di Aula Kemenag Kota Tanjungpinang Jalan Daeng Kemboja Km. 24 Kampung Bugis Tanjungpinang, Rabu (6/11/2019). Dalam kesempatan tersebut juga disejalankan dengan pembinaan kepada calon pengantin di Kota Tanjungpinang. 

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasi PHU Kemenag Kota Tanjungpinang H. Sunarjo mengatakan kegiatan pembinaan travel umroh diikuti oleh 15 peserta yang merupakan penyelenggara umroh terdaftar di Kota Tanjungpinang. Sementara untuk pembinaan perkawinan diikuti oleh 25 pasangan calon pengantin yang sudah terdaftar untuk melakukan pernikahan di KUA masing-masing. 

“Tujuan kami menyelenggarakan pembinaan travel umroh agar semakin terjalin hubungan yang erat antara Kemenag dengan para penyelenggara travel umroh di Tanjungpinang. Agar suasana semakin cair, karena di Tanjungpinang sudah terbentuk Forum Silaturahmi Penyelenggara Umroh Kota Tanjungpinang,” kata Sunarjo. 

“Selanjutnya kami berharap agar terus bersinergi dalam membina jamaah umroh. Dan kalau bisa kita bisa berangkat umroh bersama dalam satu pesawat,” ujar Sunarjo. 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA dalam arahannya mengatakan dalam penyelenggaraan travel umroh agar memperhatikan aspek proporsionalitas dan profesionalitas. Standarnya menurut Kakanwil seperti tercermin dalam slogan Lima Pasti Umroh. 

“Layani jamaah dengan baik. Haji dan Umroh sebagai amanah undang-undang menjadi tusi Kemenag, dengan tujuan untuk menyempurnakan ibadah umat Islam melalui haji dan umroh,” ucap Kakanwil. 

“Ibadah umroh itu tidak mudah. Kita bisa saja bepergian keluar negeri kapan saja, namun belum tentu terpanggil untuk melaksanakan umroh. Saya tekankan di Kepri jangan sampai ada travel umroh yang bermasalah dengan hukum. Sudah banyak kejadiannya, dan kita harus belajar dari kasus-kasus itu, jangan sampai terjadi di Kepri,” pesan Kakanwil. 

Kepada para calon pengantin, Kakanwil mengatakan program bimbingan perkawinan merupakan program khusus bimbingan pra nikah. Kemenag dalam program binwin sudah banyak melibatkan organisasi dan komunitas.

“Saya pesan betul, niatkan agar menikah sekali saja seumur hidup. Harus dipahami bahwa pernikahan adalah upaya untuk membentuk rumah tangga yang marhamah dengan dinaungi oleh kasih dan sayang. Ingat, nikah bukan untuk kebutuhan sesaat saja, tetapi untuk menyempurnakan ibadah sehingga berkekalan dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Kepada para calon istri, Kakanwil berharap agar dapat melayani suaminya dengan sebaik-baiknya. Dan kepada suami agar bertanggungjwab kepada istri dan keluarganya. 

“Ingat ya, nikah cukup sekali saja,” pungkasnya. (hatiman)
 

27

Berita Terkait