Minggu 17 Januari 2021

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Beri Pembinaan Penyuluh Agama Islam

26-11-2020


* Kakanwil Kemenag Kepri Beri Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Batam (Humas)_Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang BImbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Islam di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan tersebut diikuti 30 orang penyuluh se Kota Batam. Ketua Panitia,  M.Yunus,S.Ag dalam laporannya berharap peserta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari ketika berdakwah di kecamatan masing-masing. Narasumber kegiatan ini juga diisi oleh motivator, Rika Irma dari Karimun yang mengupas tentang publik speaking sehingga penyuluh fasih berbicara di depan umum.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto menghimbau melalui kegiatan ini peserta mendapatkan informasi dan isu-isu yang berkembang di masyarakat apalagi di tengah pandemi covid-19 yang masih terjadi. 

Mahbub mengingatkan kepada penyuluh bahwa Kementerian Agama mempunyai tugas membina dan membimbing umat beragama dalam menjalankan aktifitas ibadah. Kakanwil berharap penyuluh bisa berinovasi dalam menjalankan tugas. 

"Hari ini ketika kita dihadapkan pada berbagai masalah baru kita sadar kembali kepada Tuhan," kata Kakanwil. 

Kakanwil lebih jauh berharap kepada penyuluh agama Islam dapat menjaga kerukunan umat baik internal maupun eksternal. Sebagai bangsa Indonesia, kita lahir punya saudara dengan banyak perbedaan, mulai dari agama, ras, dan suku. 

"Meskipun negata kita bukan negara agama, tapi kehidupan beragama tercermin dalam tatanan dan aturan keagamaan yang diterapkan pemerintah. Penyuluh mempunyai tugas memberikan pemahaman dalam melaksanakan ibadah," ujarnya. 

Terakhir Mahbub berharap penyuluh membantu Kementerian Agama untuk memberikan informasi di masyarakat baik itu tentang haji, biaya nikah dan lain-lain. Mahbub khawatir masyarakat tidak mendapatkan informasi yang lengkap. Mahbub juga ingin potensi ekonomi umat Islam yang ada seperti zakat, dan wakaf dapat lebih berkembang.

"Kita akan launching ketika HAB nanti," ucapnya. 

(humas-usm)

65

Berita Terkait