Selasa 07 Juli 2020

Berita

Kakankemenag Kab. Bintan Sambut Kunker Kakanwil Kemenag Prov. Kepri Pasca Idulftri 1441 H

05-06-2020


* Kakankemenag Kab. Bintan Sambut Kunker Kakanwil Kemenag Prov. Kepri Pasca Idulftri 1441 H

(Kemenag Bintan) – Jumat (05/06/2020), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd.  beserta jajaran menyambut kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau: Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, S.H., M.A, yang didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha: H. Abu Sufyan, S.Ag. dan Kepala Subbag Hukum dan Kepegawaian: H. Muhammad Widarto S.H.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Bintan Erman Zaruddin melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh jajaran Kantor Kemenag Bintan selama pandemi Covid-19 yang mengharuskan physical distancing dan work from home secara bergiliran (WFH) selama hampir 3 bulan ini.

“Kemenag Bintan sudah mengadakan kegiatan pembagian kurang lebih 1000 masker kain kepada masyarakat pengguna jalan di Simpang Empat Toapaya sebelum bulan suci Ramadan. Kami juga menginisiasi pengumpulan beras dari seluruh Keluarga Besar Kantor Kemenag Bintan untuk diserahkan kepada Panti Asuhan dan masyarakat tidak mampu se- Kabupaten Bintan, Alhamdulillah, dalam kegiatan tersebut berhasil terkumpul 750 Kg beras yang kemudian didistribusikan kepada ASN untuk diserahkan kepada tetangga yang membutuhkan dan kepada PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di Kantor Kemenag Bintan, dan sebagian besar didistribusikan oleh Kepala KUA dan Pengawas Madrasah untuk diserahkan kepada masyarakat tidak mampu yang terimbas pandemi Covid-19 pada  2 hari sebelum Hari Raya Idulfitri 1441 H.” Ujar Erman.

Erman juga melaporkan para jajarannya disiplin melaksanakan WFH secara bergiliran, namun untuk Bagian Keuangan hampir setiap hari WFO (work from office) untuk mengurus pencairan gaji para PPNPN dan ASN di lingkungan Kantor Kemenag Bintan. “Selama pandemi Covid-19 ini kami tetap melakukan koordinasi namun secara virtual, baik koordinasi antar jajaran di Kantor Kemenag Bintan maupun koordinasi dengan jajaran di KUA dan Pengawas Madrasah. Pada Hari Raya Idulfitri 1441 H kemarin kami juga melakukan Halal Bihalal via daring.” Kata Erman.

Selain itu, Erman berharap Kakanwil memberikan solusi mengenai anggaran guna penambahan ruangan atau rehabilitasi Kantor. Kemudian Erman juga melaporkan bahwa di tahun 2020 ini Kantor Kemenag Bintan tidak ada anggaran SBSN. “Pada tahun ini, Kantor Kemenag Bintan tidak mendapat anggaran SBSN untuk pembanguan Balai Nikah dan Manasik Haji, namun semoga tahun 2021 Kantor Kemenag Bintan dapat membangun Balai Nikah dan Manasik Haji di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Bintan Timur. Kami juga melaporkan bahwa pada tanggal 9 Juni 2020 nanti akan ada pelelangan BMN dari Madrasah.” Kata Erman.

Menanggapi laporan dari Kakankemenag Bintan, Kakanwil mendukung dan mengapresiasi semua kegiatan  yang telah dilakukan oleh jajaran Kantor Kemenag Bintan. Dalam arahannya, Kakanwil berpesan kepada seluruh Kepala Seksi Kantor Kemenag Bintan untuk bekerja secara profesional di wilayah kerjanya masing-masing.

“Kepada Kasi Pendidikan Madrasah untuk memantau proses belajar mengajar di masa New Normal, sesuaikan dengan peraturan Pemda. Kepada Kasi Pendidikan Agama Islam untuk memantau bagaimana perkembangan pendidikan keagamaan di Kabupaten Bintan agar mereka mengajar secara lebih profesional. Kepada kasi Bimas Islam untuk melihat kesiapan pelaksanaan New Normal di KUA, tolong diingatkan jajaran KUA yang masih lengah dalam hal kebersihan lingkungan Kantor dan kerapian diri dan tutur kata dalam memberi pelayanan pernikahan. Mari para Kasi untuk turun ke lapangan dan memberikan perbaikan pelayanan dalam hal pendidikan maupun urusan keagamaan.” Himbau Kakanwil.

Di akhir arahannya, Kakanwil berpesan kepada Kakankemenag Bintan untuk menyelesaikan permasalahan lahan bangunan MTsN Bintan yang merupakan kepemilikan PT. Aneka Tambang.  Selain itu, Kakanwil juga berpesan kepada Kasubbag TU Kantor Kemenag Bintan; H. Syahjohan, S.Ag. M.Si.  agar memperhatikan kondisi pelayanan di Kantor.

“Kantor adalah dapur, ada 2 titik pelayanan disini yaitu pelayanan intern dan pelayanan ekstern, pelayanan intern terkait pengurusan Pangkat dan penyetaraan gaji, sedangkan pelayanan ekstern itu pelayanan langsung kepada masyarakat yang titiknya di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Semua pelayanan pastikan dalam keadaan prima. Berkaitan dengan pelayanan intern, usahakan tunjangan kinerja dan uang makan sudah cair pada tangga 3 setiap bulannya, tidak boleh terlambat.” Pungkasnya. (amilia)

94

Berita Terkait