Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

Kakankemenag Bintan Rapat Bahas Haul Akbar V dan HSN Bersama Kabag Kesra dan Pimpinan Ponpes se- Bintan

18-10-2019


* Kakankemenag Bintan Rapat Bahas Haul Akbar V dan HSN Bersama Kabag Kesra dan Pimpinan Ponpes se- Bintan

(Kemenag Bintan) – Kepala Kantor Kemenag Bintan; Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd dan jajarannya di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) dan Seksi Bimas Islam melakukan rapat membahas  pelaksanaan Haul Akbar V dan Hari Santri Nasional (HSN) bersama Kabag Kesra Setda Kabupaten Bintan dan pimpinan Pondok Pesantren se- Kabupaten Bintan pada Kamis (17/10/19). Sebagai informasi, Haul Akbar V akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 bertempat di Mesjid Besar Baitul Makmur di Kecamatan Bintan Utara dan HSN akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Kemenag Bintan pada tanggal 22 Oktober 2019.

Rapat ini dilakukan untuk menyamakan ide dan pikiran antara Pemerintah Kabupaten Bintan sebagai penguasa wilayah Bintan, Kantor Kemenag Bintan sebagai instansi vertikal yang mengurus kegiatan keagamaan, dan Pimpinan Ponpes se- Bintan. Hasil dari rapat bersama untuk pelaksanaan Haul Akbar V, Seksi Bimas Islam akan menggerakkan massa di level Kecamatan melalui jajaran KUA bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan. Pimpinan Ponpes se- Bintan yang berjumlah 12 akan mengerahkan para santriwan/santriwatinya untuk menghadiri Haul Akbar V yang akan dimulai pada pukul 07:00 WIB.

Sedangkan untuk merayakan HSN, selain masing-masing Ponpes memiliki kegiatan perayaan sendiri, juga akan diadakan Upacara bersama yang dimulai dengan pawai kirab para santri dari Ponpes dan santri TPQ/FKDT start dari Kampus STAIN SAR menuju garis finish Kantor Kemenag Bintan. setelah pawai kirab, kemudian dilanjutkan dengan Upacara Bendera, Tausiyah, pembagian hadiah kepada pemenang Pospeda (Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah), dan lomba menyanyikan lagu Hari Santri bagi para santri.

Sebelum mengakhiri rapat, Kabag Kesra Bintan, H. Indra Gunawan, menyarankan untuk pelaksanaan HSN di tahun depan perlu diadakan pentas seni dan perlombaan bagi para santri se- Bintan. Kakankemenag Bintan, Erman Zaruddin, juga berpesan agar pelaksanaan HSN yang dilakukan secara mandiri oleh masing-masing Ponpes agar dapat didokumentasikan dalam bentuk video agar dapat disiarkan melalui youtube channel @Kemenag Bintan. (amilia)
 

110

Berita Terkait