Minggu 20 Juni 2021

Berita

Kakankemenag Bintan Pimpin Rapat Terbatas Awal Syawal 1442 H Bahas Rancangan Kegiatan Masing-Masing Seksi Dalam Waktu Dekat

17-05-2021


* Kakankemenag Bintan Pimpin Rapat Terbatas Awal Syawal 1442 H Bahas Rancangan Kegiatan Masing-Masing Seksi Dalam Waktu Dekat

(Kemenag Bintan) – Senin (17/5/2021), Usai Apel pagi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin, memimpin rapat terbatas yang diikuti oleh Kasubbag TU dan jajaran Kepala Seksi (Kasi) di ruang kerjanya. Ada beberapa pesan yang ia sampaikan kepada masing-masing pejabat eselon IV tersebut pasca libur Idulfitri , 1 Syawal 1442 H.

Kepada Kasi Bimas Islam, Erman meminta agar seluruh PAI (Penyuluh Agama Islam) dan KUA membuat laporan kegiatan selama bulan Ramadan. Demikian halnya dengan Seksi PAIS (Pendidikan Agama Islam), Erman meminta agar seluruh guru PAI melaporkan kegiatan Ramadan, baik kegiatan yang diselenggarakan secara luring (luar jaringan) maupun daring (dalam jaringan). “Saya pinta juga kepada Seksi PAIS untuk mengadakan pertemuan dengan para guru PAI untuk diisi dengan pembinaan,” kata Erman.

Kepada Seksi PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah), Erman meminta agar dibikinkan grafik pendaftar haji dan Jemaah yang berangkat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. “Selain itu juga tolong adakan pertemuan bagi para Petugas Haji, Karom (Ketua Rombongan, dan Pengurus IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Bintan untuk membahas peranan jemaah pasca haji dalam pembangunan negara khususnya wilayah Kabupaten Bintan,” pesan Erman.

Kepada Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Erman meminta agar dibentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di setiap masjid di Kabupaten Bintan. Selain itu, ia juga meminta untuk melaporkan hasil zakat Ramadan dan Idulfitri 1442 H berkoordinasi dengan Baznas Bintan. “Saya harap Penyelenggara Zakat dan Wakaf dan Baznas Bintan dapat membentuk BWI (Badan Wakaf Indonesia) Kabupaten Bintan. Dalam hal ini dapat menghubungi dengan BWI Provinsi Kepulauan Riau mengenai teknis dan prosedur administrasinya,” ucap Erman.

Kepada Seksi Pendidikan Madrasah, Erman meminta agar seluruh madrasah membuat laporan kegiatan selama Ramadan, seperti kegiatan pesantren kilat, pembagian sembako/takjil, dan santunan anak yatim. Erman juga meminta dibuatkan grafik pengembangan jumlah lembaga, guru, dan siswa madrasah se- Kabupaten Bintan. Tujuannya untuk melihat peningkatan kualitas dan minat masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di madrasah.

“Buat pengajuan atau proposal ke Pemprov untuk meminta lahan di Kecamatan Seri Kuala Lobam untuk pembangunan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK), dan lahan di Kecamatan Toapaya untuk pembangunan Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah,” seru Erman.

“Adakan pula pertemuan antara pihak Komite madrasah dengan Kakanwil Kemenag Kepri untuk menampung saran dan mencari solusi atas kendala yang ada. Momen pertemuan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk pembahasan lahan wakaf,” pungkasnya. (amilia)
 

94

Berita Terkait