Kamis 24 September 2020

Berita

Kakankemenag Bintan: Jabatan Adalah Amanah dari Rakyat

16-09-2020


* Kakankemenag Bintan: Jabatan Adalah Amanah dari Rakyat

(Kemenag Bintan) – Pada Apel pagi, Rabu (16/09/2020), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. mengatakan bahwa pada hari kemarin telah dilantik Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kakanwil Kemenag Kepri) yang baru yaitu: Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I.. Sedangkan, Kakanwil Kemenag Kepri sebelumnya, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, S.H., M.A., dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Sumatera Selatan.

“Seperti itulah jabatan. Tidak dirancang lama-lama. Jika ditentukan selesai maka selesailah, jika dipindah maka dipindahlah. Maka dari itu, saat kita dipercayakan baik itu dalam bentuk jabatan maupun tanggung jawab maka lakukan yang terbaik supaya menjadi kenangan yang indah yang ditinggalkan, hidup kita punya manfaat untuk orang lain. ASN ini amanah dari rakyat, jika kita bekerja dengan baik berarti kita melaksanakan amanah rakyat.” Ungkap Erman.

Kemudian Erman meminta kepada Penyelenggara Zakat dan Wakaf untuk segera menyelesaikan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Pengurus Baznas Kabupaten Bintan yang baru. “Mintakan SK nya ke bagian Hukum di Pemerintah Daerah. Jika tahap ini sudah selesai maka selanjutnya bisa dilakukan pendaftaran calon peserta.” Ucap Erman.

“Baznas kalo dipegang oleh orang yang amanah, yang betul memperhatikan umat maka hasilnya akan bagus.” Imbuhnya. Menyambung hal ini, Erman mengatakan bahwa Wakaf di Bintan sangat berkembang. Banyak masyarakat yang mewakafkan tanahnya hingga berhektar-hektar untuk kepentingan umat dan Pendidikan Keagamaan.

Selanjutnya, dalam amanatnya, Erman juga menuturkan hal berkaitan dengan kesiapan Kafilah Bintan untuk MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Sebagaimana diketahui, MTQ Provinsi akan dimulai pada tanggal 19 September.

“Kemarin rapat bersama Bupati Bintan diputuskan bahwa Kafilah Bintan jadi berpartisipasi pada MTQ Provinsi Kepri. Mulanya ada keraguan mengingat kasus pandemi Covid-19 yang meningkat. Besok pukul 08:30 WIB Kafilah Bintan harus sudah ada di Kantor Bupati untuk melaksanakan Rapid Test. Kemudian pada pukul 11:00 WIB akan dilakukan pelepasan Kafilah menuju Hotel CK sebagai tempat menginap Kafilah.” Papar Erman.

“Penerimaan Kafilah dilaksanakan di Hotel. Pendaftaran peserta dihotel, jadi tolong ingatkan Panitia Provinsi. Kemarin sudah dilakukan Rapat di Kantor Gubernur tentang penetapan peserta dan pengambilan Nomor. Bintan mulanya mengirimkan 46 peserta, namun ada 1 peserta yang didiskualifikasi karena terdaftar juga sebagai peserta di Kota Tanjungpinang.” Ujarnya.

Erman meminta para pendamping/official agar dapat memberikan pembinaan kepada Kafilah Bintan pada tanggal 18 September, sehari sebelum dimulai helatan MTQ Provinsi. Hal ini dikarenakan Training Center (TC) tidak jadi diadakan.

Di akhir amanat, Erman mengusulkan pembentukan Lembaga Belajar Kaligrafi untuk melatih anak muda di Kabupaten Bintan sebelum mengikuti perlombaan. “Kaligrafi itu perlu dilatih, tidak hanya dilakukan saat lomba saja. Setelah MTQ Provinsi ini selesai coba kita buat di Kemenag Bintan sebuah lembaga  yang mengajarkan Kaligrafi. Kita buat, nanti ada Pengurus dan Pengajarnya nanti anak-anak bisa belajar Kaligrafi. Bintan harus lebih kuat kedepannya untuk keahliah Kaligrafi guna berpartisipasi di event MTQ.” Lanjutnya.

“Mohon dukungan dan doanya agar peserta dari Bintan agar mendapatkan prestasi di ajang MTQ Provinsi Kepri ini.” Pungkasnya. (amilia)

 

96

Berita Terkait