Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

Kakankemenag Bintan dan jajarannya di Penmad dan KUA Hadiri Manasik Haji Cilik RA

17-09-2019


* Kakankemenag Bintan dan jajarannya di Penmad dan KUA Hadiri Manasik Haji Cilik RA

(Kemenag Bintan) – Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Bintan; Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd menghadiri kegiatan Manasik Haji Cilik Tingkat Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Lapangan Relief Aneka Tambang Kijang Kecamatan Bintan Timur pada Rabu (12/09/19). Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Bintan; Drs. H. Dalmasri Syam, MM, Camat Bintan Timur; Dr. H. Rusli, M.Eng,  Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Bintan; Drs. Erwin, Kepala KUA Bintan Timur; Drs. Zulfahri, Pengawas RA Bintan; Bura’i, S.Pd, Ketua IPHI Bintan Timur, Ketua DMI Bintan Timur, dan Tokoh Agama setempat.

Manasik Haji Cilik yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Bintan ini dibuka secara resmi oleh Wabup Bintan. Kegiatan ini mengusung tema Melalui Manasik Haji Cilik Kita wujudkan SDM unggul Menuju Indonesia maju dan Bintan gemilang.

Pada kesempatan itu Kakankemenag Bintan, Erman Zaruddin, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Panitia Penyelenggara dan seluruh guru RA Kabupaten Bintan, khususnya Kecamatan Bintan Timur, Kecamatan Gunung Kijang, dan Kecamatan Toapaya yang telah membimbing anak-anak RA sehingga dapat memahami ilmu Manasik Haji.

“ Manasik Haji Cilik adalah suatu kegiatan yang sangat menarik dalam memberikan ilmu Manasik Haji kepada anak-anak sejak usia dini. Kegiatan Manasik Haji insyaallah ini akan melahirkan anak-anak yang mempunyai kedisplinan yang mantap serta penuh tanggungjawab terhadap suatu pekerjaan yang akan dihadapi.” Ucap Erman.

Dari informasi yang dilaporkan Ketua Panitia, Dwi Apriliana Hasibuan, peserta Manasik Haji Cilik ini terdiri dari siswa/siswi 13 RA dan beberapa TK dengan jumlah total 600 orang.  Pendanaan kegiatan rutinitas setiap tahun ini bersumber dari iuran anak-anak peserta Manasik Haji Cilik, bantuan dari Pemerintah Bintan, bantuan dari Kemenag Bintan, dan bantuan tokoh masyarakat. Kedepannya, Dwi berharap siswa/i RA dapat mengikuti Manasik Haji Cilik Tingkat Kabupaten Bintan.

Pada kesempatan itu, Erman juga diminta untuk memotong rambut (tahallul) peserta yang melaksanakan Jumratul Aqabah. Kemudian kegiatan Manasik Haji Cilik ditutup dengan pembacaan doa dari Ka. KUA Bintan Timur, Zulfahri. (Zul, Eri, Ian, Amilia)
 

25

Berita Terkait