Selasa 20 Oktober 2020

Berita

Kakankemenag Bintan Bersama Pengurus LPTQ Bintan dan Perwakilan Kesra Setda Bintan Hadiri MUSDA LPTQ Kepri VIII Tahun 2020

22-09-2020


* Kakankemenag Bintan Bersama Pengurus LPTQ Bintan dan Perwakilan Kesra Setda Bintan Hadiri MUSDA LPTQ Kepri VIII Tahun 2020

(Kemenag Bintan) – Selasa (22/09/2020), bertepatan dengan hari terakhir perlombaan MTQ ke- VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, LPTQ (Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran) Provinsi Kepri mengadakan MUSDA (Musyawarah Daerah) Provinsi ke VIII. Pada acara  yang bertempat di Hotel Aston, tersebut turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. bersama dengan Pengurus LPTQ Kabupaten Bintan dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Bintan dari jajaran Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan.

MUSDA tersebut diselenggarakan untuk mengevaluasi pelaksanaan program LPTQ Kepri dan merencanakan program kerja kedepannya. MUSDA dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri: Dr. H. T. S. Arif Fadhilah, S.sos., M.Si. Dalam sambutannya, Arif mengatakan bahwa dirinya mewakili Gubernur Kepri sekaligus menjadi Pemateri.

“Melalui MUSDA ini diharapkan menghasilkan keputusan-keputusan yang membangun, inovatif, dan dapat meningkatkan pembangunan pengetahuan Al-Quran di tataran masyarakat. Allhamdulillah, kegiatan ini telah memasuki tahun ke- VIII dan dapat dilaksanakan walaupun dalam suasan New Normal karena pandemi covid19.” Ucapnya.

Ia menambahkan, hasil keputusan MUSDA ini agar dapat menciptakan banyak tempat-tempat pembinaan Al-Quran dan berbagai disiplin ilmu Al-Quran. “Dengan banyaknya pembinaan yang dilakukan di seluruh wilayah Kepri secara berkesinambungan ditambah dengan usaha masyarakat Kepri secara sungguh-sungguh, maka insyaallah Kepri akan bisa menjadi pusat pembinaan dan pengembangan Al-Quran.” Ungkapnya.

Ia menguraikan harapannya melalui peyelenggaraan MUSDA ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan beragama sebagai gerbang menuju masyarakat Kepri yang qurani yang berujung pada terciptanya pembangunan yang berkesinambungan dan menjadikan masyarakat yang berakhlak baik sesuai nilai luhur Al-Quran.

“Saya berharap kepada pengurus LPTQ Kepri maupun Kabupaten/Kota dapat merumuskan program-program yang berhubungan dengan pengembangan dan pembinaan Al-Quran yang berdampak kepada kehidupan umat beragama. Hal ini dibuktikan dari banyaknya perolehan prestasi yang di Tingkat Nasional maupun Internasional.” Harapnya.

“Jadikan LTPQ sebagai wadah koreksi dan evaluasi atas pelaksanaan MTQ dari waktu ke waktu. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi pemuda islam untuk terus memahami dan menghayati makna Al-Quran dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari, agar lebih berkah dan bermakna.” Lanjutnya.

Pada MUSDA tersebut, Kakanwil Kemenag Kepri: Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I. juga menyempatkan memberikan sambutan. Ia mengajak kepada hadirin untuk membumikan Al-Quran pada kehidupan sehari-hari yang akhirnya membentuk akhlak qurani. Ia juga memotivasi para penghafal Al-Quran agar bisa mengembangkan Al-Quran. Hadir pula pada MUSDA tersebut, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Ketua MUI Kepri, Direktur Quran Center, dan Ketua LTPQ Kabupaten/Kota se- Kepri. (amilia)



 

133

Berita Terkait