Selasa 07 Desember 2021

Berita

Kakankemenag Anambas Menghadiri STQH Nasional Di Maluku Utara

18-10-2021


* Kakankemenag Anambas Menghadiri STQH Nasional Di Maluku Utara

Kemenag Anambas (Humas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Dr. H. Erizal,MH,menghadiri acara Seleksi Tilawatil Qur`an Dan Hadis tingkat Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara.

Dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID,bahwa Sebanyak 1.700 orang menghadiri Seleksi Tilawatil Qur`an Nasional XXVI yang dipusatkan di Sofifi,Maluku Utara pada 16-25 Oktober 2021 yang terdiri atas peserta dan tim pendukung dari seluruh Indonesia.

Selain peserta,pelatih dan official dari Kemenag yang menghadiri pembukaan adalah Ka. kanwil Kemenag Kepri,Ka.Kankemenag Anambas,Natuna dan Kota Batam.

Dalam STQH Nasional tersebut,Kepri memberangkatkan 57 kafilah yang terdiri dari 20 orang qori qoriah,15 orang pelatih,24 orang official dan 2 orang pendamping peserta untuk anak anak. Gelaran STQH Nasional akan berlangsung dari 14 hingga 23 Oktober 2021 dengan' memperlombakan empat cabang kategori. Masing-masing Seni Baca Al-Qur’an,Hafalan Al-Qur’an,Tafsir Al-Qur’an,dan Musabaqah Al-Hadits.

Menurut Kakankemenag bahwa Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama) menyampaikan STQH merupakan saran mewujudkan Islam yang ramah untuk seluruh umat manusia. Perhelatan STQH di Sofifi memiliki makna strategis. Sarat dengan sejarah panjang dan kaya akan nilai-nilai kearifan lokal. Mengingat Maluku Utara adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan Islam rahmatan lil alamin.

“Saya berharap penyelenggaraan STQH Nasional ke-26 di Maluku Utara dapat membumikan spirit Islam yang ramah dan damai. Karena Alquran adalah pusat energi dalam merawat Islam untuk mewarnai keragaman nusantara,” katanya.

Dr. H. Erizal juga menyampaikan bahwa pada pergelaran STQH Nasionan Kafilah Kepri mengikuti semua cabang perlombaan,dan berharap dukungan dan do'a agar bisa menjadi juara umum pada tahun ini.

"Serta jajaran Kemenag yang hadir di Ternate juga mengikuti acara pembinaan ASN yang diadakan di Asrama Haji Transit Ternate dalam membahas "Agama Sebagai Inspirasi Moderasi Beragama",dan kami juga menghadiri malam ta'aruf dan berkunjung ke asrama kafilah." tambahnya

65

Berita Terkait