Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

Kabiro Perencanaan Kemenag RI Resmikan PTSP Kemenag Kab Kepulauan Anambas

11-11-2019


* Kabiro Perencanaan Kemenag RI Resmikan PTSP Kemenag Kab Kepulauan Anambas

Anambas (HK) – Kepala Biro Perencanaan (Kabiro)/Plt.Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag RI, Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd, meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementrian Anambas, Jumat (8/11/2019),Dalam sambutannya, Ali Rokhmad, mengungkapkan, Kemenag di daerah tidak boleh kalah dengan Kemenag pusat, baik dari aspek infrastruktur, SDM, maupun aspek pelayanan. “Kita tahu, setidaknya ada 5 visi misi Pemerintah saat ini yakni mempercepat pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, mengundang investor untuk menciptakan lapangan kerja, reformasi birokrasi, serta menjamin penggunaan APBN yang tepat sasaran,” ucap Ali Rokhmad.

Lima hal ini, lanjutnya, sangat penting terutama yang pertama yakni mempercepat pembangunan infrastruktur.Dan salah satunya pembagunan gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Satu Pintu (PLHUT) yang Insya Allah akan dibangun di Anambas,” ujarnya lagi.

“Saya memberi apresiasi, walaupun Kemenag tidak masuk dalam otonomi daerah, namun, hubungan dengan pemerintah daerah luar biasa. Ini merupakan modal sosial bagi kita untuk membangun Anambas,” papar Ali Rokhmad.

“Saya tidak meragukan kinerja Kepala Kemenag Anambas, setelah berhasil membangun PTSP di Kemenag Batam, kini saat beliau pindah ke sini, hal serupa juga beliau bangun di sini,” ucapnya mengutarakan.

Dia juga mengaku senang melihat Kantor Kemenag Anambas yang bersih. “Kondisi seperti ini memberi keyakinan pada saya jika pembangunan infrastruktur dapat berjalan lebih baik. Insya Allah saya akan bantu memperjuangan pembangunan infrastruktur di Anambas ini,” paparnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Ali Rokhmad menyampaikan ucapa terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Anamas yang telah bekerjasama dengan kemenag dalam membangun dan mempermudah layanan terhadap umat beragama.

“Saya mengajak kita semua memahai moderasi beragama, bagaimana dapat menjalankan agama secara baik,” pungkas Ali Rokhmad.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Anambas, Dr. H. Erizal Abdullah, mengungkapkan, pelayanan adalah komitmen dari kemenag. Salah satunya, ucap Erizal, adalah peningkatan PTSP yang cepat, efisien, dan transparan.

Dijelaskannya, ada 28 jenis layanan di PTSP Kemenag Anambas dengan motto ‘Molek’ yang artinya Mudah, Optimal, Loyalitas Efektif/Efisien dan Komitmen.
Dalam acara itu, Erizal juga menyinggung rencana pembangunan gedung PLHUT di Anambas.

“Insya Allah tahun depan Anambas mendapat bantuan pembangunan gedung PLHUT yang bersumber dari dana SBSN,” jelasnya lagi.

Dikatakannya juga, dari sembilan kecamatan yang ada di KKA, hanya ada 3 orang Kepala KUA yang masing-masing merangkap kerja di tiga kecamatan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“SDM kami sangat minim, namun, pelayanan terbantu oleh tenaga honor yang semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Erizal.

“Mudah-mudahan dengan peningkatan kinerja, Kemenag Anambas bisa mendapat tambahan SDM,” pungkas mantan Kakan Kemenag Batam ini.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kepri yang diwakili Kabag TU, H.Abu Sufyan,S.Ag.,M.Pd, mengatakan beberapa hari dia di Anambas, melihat bagaimana Kemenag bersama pemerintah daerah, FKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat membangun dan membina kehidupan umat beragama di Anambas.
“Masih ada tiga Kemenag yang belum memiliki PTSP yakni kabupaten Karimun, Natuna dan Lingga. Kita berharap semoga dengan PTSP ini pelayanan agama dan keagamaan lebih baik sesuai komitmen kita bersama,” ucapnya.

“Terima kasih kepada Kemenag Anambas yang telah melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Abu Sufyan.

Sementara itu, Wakil Bupati Anambas, Wakil Bupati KKA, Wan Zuhendra, mengungkapkan PTSP merupakan transformasi pelayan publik seluruh instansi, baik pemerintah dan kementerian, yang bersih transparan, efisien dan efektif.

“Saya menyambut baik adanya PTSP di Kemenag Anamabas ini, semoga pelayanan masyarakat lebih mudah dan cepat. Selamat kepada Kemenag yang sudah berupaya untuk menata pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, masih ada PR yang harus dikerjakan yakni pembangunan PLHTU di Anambas. “Insya Allah kami pemerintah daerah siap membantu dan mendukung,” ungkap Wabup.

Selanjutnya wabub mengatakan pemerintah daerah bersedia menyediakan lahan untuk pembanguan kantor KUA dan balai manasik haji seperti harapan yang disampaikan Kabiro Perencanaan Kemenag RI.


 

119

Berita Terkait