Minggu 17 Januari 2021

Berita

Kabid Pakis: Kita Semua Santri

21-10-2020


* Kabid Pakis: Kita Semua Santri

Tanjungpinang (Humas)_Kepala Bidang Pakis Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Muhammad Sayfi’i memimpin apel pagi, Rabu, 21 Oktober 2020 bagi seluruh jajaran Kanwil Kemenag Kepri. Hadir dalam apel pagi para pejabat eselon IV dan seluruh staf. 

Dalam amanatnya, Syafi’i mengatakan peringatan hari santri 2020 yang jatuh pada 22 Oktober diperingati dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Dia mengatakan paeringatan hari santri 2020 merupakan tahun keenam. 

“Thema hari santri tahun ini adalah Santri Sehat Indonesia Kuat, dimana kita semua adalah santri merujuk pada definisi santri adalah kita semua yang mengamalkan tradisi santri. Kita mengamalkan apa yang santri amalkan, misalnya salat berjamaah diawal waktu,” kata Syafi’i. 

Mengapa hari santri perlu diperingati? Syafi’i mengatakan hari santri perlu diperingati dengan tujuan untuk mengapresiasi kontribusi santri dalam resolusi jihad. “Kita memahami bahwa santri berperan besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Santri berkontribusi besar dalam peristiwa apa yang kita kenal dengan Hari Pahlawan,” katanya lagi menjelaskan. 

Alasan kedua, kenapa hari santri perlu diperingati adalah jasa santri setelah mereka menamatkan pendidikannya di pondok pesantren bagi kehidupan keagamaan pada masyarakat. “Santri setelah lulus pasti akan menjadi imam dilingkungannya,” ujar Syafi’i. 

Dan alasan ketiga adalah karena santri berperan besar pada kehidupan masyarakat. Para santri tumbuh dan bersosialisasi di masyarakat dan memainkan perannya. 

Selamat hari santri 2020, semoga kita dapat mengamalkan nilai-nilai santri. 
 

118

Berita Terkait