Minggu 20 Juni 2021

Berita

Ka. KUA Toapaya Ikut Salurkan Bantuan 10 Paket Sembako Baznas Bintan

12-05-2021


* Ka. KUA Toapaya Ikut Salurkan Bantuan 10 Paket Sembako Baznas Bintan

(Kemenag Bintan) – Selasa (11/5/2021), Kepala KUA Kecamatan Toapaya yang juga merupakan ketua Unit  Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, ikut menyalurkan bantuan paket sembako dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Bintan kepada 10 penerima yang ada di Kecamatan Toapaya. Berdasarkan penuturan Ketua Baznas Bintan, H. Suryono, bantuan ini dalam rangka memberi kebaikan pada bulan Ramadan 1442 H.

“Toapaya adalah kecamatan ke- 5 yang telah kami berikan bantuan paket sembako di bulan Ramadan ini. Wilayah lainnya adalah, Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Gunung Kijang, Kecamatan Teluk Bintan, dan Kecamatan Bintan Timur,” kata Suryono.

Sementara itu, Pimpinan Baznas Bintan yang membidangi Perencanaan dan Keuangan, Raja Juni Aziwantoro menyebutkan, Kecamatan Toapaya sebenarnya adalah Kecamatan prioritas mengingat daerah yang luas dan penduduknya yang banyak. Terlebih notabene Kantor Baznas Bintan dan Kantor Pemerintahan lainnya berlokasi disini.

“Adapun pembagian bantuan paket sembako ini, merupakan murni dari pengumpulan zakat infak sedekah yang dititipkan ke Baznas Bintan. Kemudian Baznas Bintan mendistribusikannya ke masyarakat yang kiranya membutuhkan. Secara jumlah memang tidak sesuai dengan yang jumlah yang membutuhkan. Untuk itu Baznas Bintan mengajak kepada seluruh masyarakat Bintan agar dapat lebih berperan aktif dalam penyetoran zakat, terutama zakat mal dan zakat profesi/penghasilan. Insyaallah, hasilnya langsung didistribusikan kepada mustahik yang berhak penerima, dalam rangka menuju Bintan yang lebih baik lagi dari segi ekonomi,” ungkap Juni.

Program penyaluran bantuan sosial di Kecamatan Toapaya ini telah dibahas pada pada hari Senin, satu hari sebelumnya. Pada saat itu, pimpinan Baznas Bintan mengunjungi KUA Toapaya dan meminta Ka. KUA Toapaya yang sekaligus Ketua UPZ untuk mendata dan mengumpulkan 10 orang penerima bantuan yang dianggap layak.

Kegiatan ini disambut baik oleh Ka. KUA Toapaya, Zainal. Ia kemudian segera melakukan pendataan yang  melibatkan Penyuluh Agama Islam non-PNS Kecamatan Toapaya. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar sesuai dengan harapan.  Masyarakat khususnya penerima bantuan merasa bersyukur dan bahagia, terutama di masa pandemi Covid-19 dimana tingkat ekonomi masyarakat tidak sama seperti sebelum pandemi melanda, khususnya masyarakat kelas menengah ke bawah. Saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Bintan yang telah menggandeng KUA Toapaya dalam pendataan dan penyaluran bantuan ini. Semoga bantuan memberi manfaat dan meringankan kebutuhkan penerima menjelang Idulfitri 1442 H,” harap Zainal. (zainal/amilia)
 

60

Berita Terkait