Selasa 17 September 2019
Ats-tsulatsa 17 Muharram 1441

Berita

Ka. KUA SKL Isi Pelatihan Fardhu Kifayah Jenazah PKK SKL

22-08-2019


* Ka. KUA SKL Isi Pelatihan Fardhu Kifayah Jenazah PKK SKL

(Kemenag Bintan) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL)’ Taufiq Qurrahman, S.HI diundang untuk mengisi materi Pelatihan Fardhu Kifayah yang diselenggarakan oleh PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Tanjung Permai SKL, Rabu (21/08/19). Kegiatan pelatihan ini bertempat di Gedung Balai Pertemuan Kelurahan Tanjung Perman dan dihadiri oleh 40 ibu-ibu anggota PKK se- Kelurahan.

Kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah ini dibuka oleh Camat SKL, dan turut dihadiri oleh Ketua MUI SKL, Lurah Tanjung Permai, Ketua DMI sebagai pemimpin doa, Babinkamtibmas, Ketua LPM dan Ketua RT. RW setempat.
  
Dalam sambutannya, Camat SKL Anton Hatta mengapresiasi gagasan Lurah Tanjung Permai yang mengadakan kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah bagi ibu-ibu PKK se- Kelruahan, ia berharap agar kedepannya dalam pengurusan jenazah bisa dilakukan secara mandiri untuk penduduk di Kelurahan Tanjung Permai.


“Pelatihan Fardhu Kifayah ini sangat diperlukan untuk membekali warga muslim di Kecamatan SKL khususnya di Kelurahan Tanjung Permai akan kepengurusan jenazah dari memandikan hingga penguburan. Semua muslim sebaiknya memiliki pengetahuan akan pengurusan jenazah secara islami, agar kita bisa mengurus fardhu kifayah sendiri jika ada keluarga kita yang meninggal, dengan turun langsung dalam kepengurusan jenazah insyaallah pandangan kita akan kehidupan dan kematian akan lebih berbeda.” Ucap Anton.

Materi Pelatihan Fardhu Kifayah mengenai  tata cara pelaksanaan jenazah meliputi memandikan, mengkafani, menyolatkan, dan menguburkan.

“Ketika baru meninggal, yang pertama kali dianjurkan adalah memejamkan mata jenazah, kemudian mendoakan kebaikan untuk jenazah dan mengikat dagunya sampai bersatu antara gigi dan mulutnya hingga tidak terbuka.” Jelas Taufiq.

“Sebaiknya segera dipersiapkan penggalian lubang kuburan dan keperluan pemandian  dan pengkafanan serta peserta sholat jenazah, sembari menunggu itu semua sebaiknya jenazah ditutup dengan selembar kain.” Tambahnya.

Taufiq menjelaskan bahwa yang sebaiknya memandikan jenazah adalah yang paham fikih pemandian jenazah, dan lebih diutamakan dari kalangan kerabat jenazah. Ia menambahkan bahwa maka dari itu Pelatihan Fardhu Kifayah Jenazah ini diperlukan seluruh ummat Islam sebagai dasar pengetahuan tata cara pelaksana pemandian hingga penguburan jenazah jika ada kerabat yang meninggal.

“Sebelum memandikan jenazah, letakkan jenazah di tempat yang agak tinggi dengan posisi kepala lebih tinggi, lalu menutup aurat jenazah dengan kain sebelum menanggalkan pakaiannya sehingga aurat tidak terlihat. Kemudian meratakan air keseluruh tubuh dan membasuh auratnya dengan sarung tangan karena memegang aurat secara langsung adalah haram.” Paparnya.

Pemberian materi Pelatihan Fardhu Kifayah Jenazah berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Sebelum dilakukan pemberian materi fardhu kifayah oleh Kepala KUA SKL, dilakukan penyematan tanda peserta oleh Lurah Tanjung Permai, Syamsuddin, S.Sos. Pelatihan Fardhu Kifayah berjalan dengan lancar dan penuh dengan tanya jawab antar pemateri dan peserta. Taufiq berharap Pelatihan Fardhu Kifayah yang diisinya ini akan bermanfaat kedepannya untuk kepengurusan jenazah sesuai dengan tata cara islami di Kelurahan Tanjung Permai. (amilia)
 

62

Berita Terkait