Minggu 28 Februari 2021

Berita

Ka. KUA Kec. Toapaya Terima Surat Tambahan Hibah Lahan Pembangunan Balai Nikah

23-01-2021


* Ka. KUA Kec. Toapaya Terima Surat Tambahan Lahan Pembangunan Balai Nikah

(Kemenag Bintan) - Jumat (22/01/21), Kepala KUA Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, S.Ag. menerima  Surat Kepemilikan Tanah/ Alashak sebidang lahan tanah dari Lurah Toapaya Asri, Helmizon, S.SIP. Lahan ini terletak di belakang lahan pertama yang telah  dihibahkan oleh Lurah Toapaya Asri sebelumnya, Agus Haizar. Dengan demikian, luas lahan untuk peruntukan Gedung Balai Nikah KUA Toapaya menjadi kurang lebih 1125 M2.

Alhamdulillah, semua pihak mendukung pemberian tambahan lahan yang dimiliki oleh Kelurahan Toapaya Asri,  mulai dari mantan Lurah yaitu bapak Agus Haizar, dan Lurah saat ini yaitu bapak Helmizon, Ketua RT 002  bapak Indra, dan  Ketua RW 001 bapak Danuri, yang ikut membubuh tanda tangan dan juru ukur.” Urai Zainal.

Saat itu, Ketua RT 002 dan Ketua RW 001, Indra dan Danuri, menceritakan penghibahan lahan yang pertama. Menurut mereka, pihak KUA Toapaya tahu persis sejarah lahan tersebut sehingga mereka mau membubuhkan tanda-tangan penghibahan  lahan yang pertama ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan.

“Kami saat itu mendukung dan ingin agar Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Toapaya dapat segera dibangun, yang  mana pada waktu itu, tahun 2011, kegiatan pernikahan masih bergabung dengan KUA Kecamatan Gunung Kijang.” Ujar Indra.
 
“Namun pada saat KUA Kecamatan Toapaya sudah mulai beroperasi sendiri, telah berpisah dengan KUA Kecamatan Gunung Kijang, ternyata KUA Kecamatan Toapaya juga masih belum memiliki gedung seperti KUA Kecamatan lainnya.” Timpal Danuri.

Pihak KUA Toapaya menyadari bahwa untuk membangun Gedung Balai Nikah KUA harus ada ketersediaan lahan bersertifikat, ditambah syarat minimal luas bangunan adalah 150M2. Upaya ini akhirnya terwujud pada Januari 2021 setelah segenap jajaran Kantor Lurah dan Ketua RT 002/RW 001 Kelurahan Toapaya Asri mendukung permintaan KUA Kecamatan Toapaya yang saat ini dikepalai oleh Zainal Nahra untuk mendapatkan penambahan lahan yang bersebelahan dengan lahan yang  telah dihibahkan pertama.

Zainal mengucap syukur karena penambahan lahan tersebut telah diukur oleh BPN (Badan Pertanahan Negara) Bintan. Zainal mengonfirmasi, saat ini masih dalam tahap proses persertifikatan di BPN. Ia berharap sertifikat  lahan KUA Toapaya tersebut dapat cepat selesai dan Gedung Balai Nikah Kecamatan Toapaya dapat segera dibangun.

Alhamdulillah, lokasi lahan strategis yakni di pinggir  jalan Raya dan disamping Puskesmas, Kantor Babinsa, dan Kantor Camat Toapaya, juga tidak jauh dari Kantor Lurah Toapaya Asri. Semoga dengan begini koordinasi antar instansi semakin lancar dan memudahkan masyarakat ketika berurusan yang berhubungan antar instansi.” Harap Zainal.

“Selaku Kepala KUA Kecamatan Toapaya dan mewakili masyarakat, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. bersama jajarannya yang tak henti-hentinya memikirkan dan memperjuangkan Gedung Balai Nikah KUA Kecamatan Toapaya agar segera dibangun. Terima kasih pula kepada pihak Kelurahan atas 2 lahan tanah yang dihibahkan untuk KUA Toapaya, semoga perjuangan ini menjadi amal ibadah bagi kita semua, karena sejatinya ini adalah upaya untuk melayani umat.” Pungkasnya. (zainal/amilia)
 

75

Berita Terkait