Selasa 07 Desember 2021

Berita

Ka. KUA Kec. Toapaya Hadiri Rapat pemilihan pengurus LAM Kec. Toapaya  Periode 2021--2026

17-10-2021


* Ka. KUA Kec. Toapaya Hadiri Rapat pemilihan pengurus LAM Kec. Toapaya  Periode 2021--2026

(Kemenag Bintan) – Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, menghadiri  rapat pemilihan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Toapaya periode 2021 s.d 2026. Rapat diselenggarakan di Aula Kecamatan Toapaya, Kamis (14/10/21).

Rapat dibuka oleh Ketua LAM Kabupaten Bintan, Datuk Mustapa Abbas. Dalam kata sambutannya, Mustapa Abbas menyampaikan, pengurus LAM harus memperkuat pemahaman terhadap adat melayu dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adat melayu yang diterapkan tentunya tidak bertentangan dengan ajaran agama, karena adat melayu bersandi syarak dan bersandikan kitabullah.

Camat Toapaya, Nepy Purwanto dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga atas adanya LAM di Kecamatan yang dipimpinnya saat ini. Meskipun di Kecamatan Toapaya, suku melayu bukanlah suku mayoritas. tetapi acara pemilihan pengurus LAM tingkat kecamatan tersebut dapat dilaksanakan

Ketua pelaksana rapat pemilihan pengurus LAM Kecamatan Toapaya saat itu dipimpin oleh Datuk Faturrahman. Dalam rapat tersebut, Datuk Faturrahman kembali terpilih sebagai ketua. Sebelumnya ia juga mengemban amanah sebagai Ketua LAM di kecamatan ini. Rapat tersebut juga memutuskan Ridha Ramdhani sebagai Sekretaris, dan Zakaria sebagai Bendahara.

Selain menghadiri rapat, Ka. KUA Toapaya, Zainal, juga memimpin pembacaan doa. Secara terpisah, kepada Humas Zainal berharap semoga pengurus LAM tingkat Kecamatan Toapaya yang baru dapat semakin aktif menjalankan program kegiatan dengan bersinergi bersama instansi pemerintah setempat.

“LAM ini sebagai upaya menjaga adat melayu yang merupakan warisan pejuang dan tokoh masa lalu tetap dapat dijalankan berdampingan dengan kondisi globalisasi saat ini. LAM memiliki tanggung jawab menjaga adat melayu agar tidak punah di tengah asimilasi budaya asing yang sulit dielak saat ini,” harapnya. (zainal/amilia)
 

66

Berita Terkait