Rabu 06 Juli 2022

Berita

Ka. Kanwil Kemenag Kepri Membuka Secara Resmi Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Karimun

19-05-2022


* Ka. Kanwil Kemenag Kepri Membuka Secara Resmi Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Karimun

Karimun - Ka. Kanwil Kemenag Kepri DR. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I membuka secara resmi kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Karimun, Kamis 19 Mei 2022 di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun yang diikuti 50 Penyuluh Agama Islam.

Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. Riadul Afkar selaku Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam PNS dan Non-PNS Se-Kabupaten Karimun tentang Moderasi Agama. 

“Kegiatan diikuti sebanyak 50 peserta dari Penyuluh PNS dan Non-PNS dan dilaksanakan selama 1 hari bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dengan narasumber Ka. Kanwil Kemenag Kepri DR. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri, M.Si. dan Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. Riadul Afkar.” Kata Drs. H. Riadul Afkar.

Selanjutnya kata sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri, M.Si. menyampaikan bahwa Penyuluh Agama mempunyai peran yang sangat penting karena merupakan perpanjangan tangan Kementerian Agama dalam menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah di tengah masyarakat.

“Bapak-Ibu Penyuluh Agama adalah perpanjangan tangan kita dalam menyampaikan kebijakan Kementerian Agama di tengah masyarakat. Penyuluh Agama juga harus berperan dalam menciptakan kerukunan umat beragama dengan selalu mengedepankan Moderasi Beragama karena kita merupakan leading sektornya.” Pesan Drs. H. Jamzuri. 

Sementara itu, Ka. Kanwil Kemenag Kepri DR. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I dalam arahannya menekankan pentingnya  Penyuluh Agama meningkatkan pemahaman agama yang berwawasan moderat sebagai dasar dari nilai Moderasi Beragama.

“Sebenarnya moderasi itu bukan agamanya yang dimoderasi tetapi cara pandang yang moderat, washataniyah, tidak ke kiri dan tidak ke kanan dan tidak reaktif dalam melihat perbedaan. Saya berharap, kita semua bisa hidup rukun bersama. Merubah cara pandang itu penting, apalagi Kementerian Agama sudah mendorong moderasi beragama di semua sektor. Semua agama tidak ada yang mengajarkan saling bermusuhan. Para penyuluh agama, ayo kita tingkatkan pemahaman beragama yang berwawasan moderat,” Pesan Ka. Kanwil Kemenag Kepri.

Tampak hadir dalam kegiatan pembukaan Ka. Subbag TU, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan Se-Pulau Karimun, Ketua Baznas Kabupaten Karimun Drs.H. Nasrial, Ketua DMI, H. Wahyu Amirullah, Penyuluh Agama Islam PNS dan Penyuluh  Agama Islam Non-PNS.

40

Berita Terkait