Minggu 20 Juni 2021

Berita

Jelang Idulfitri 1442 H, Kantor Kemenag Bintan Terima Bantuan Masker Medis Dari BPBD Kepri

12-05-2021


* Jelang Idulfitri 1442 H, Kantor Kemenag Bintan Terima Bantuan Masker Medis Dari BPBD Kepri

(Kemenag Bintan) – Selasa (11/5/2021), bertempat di lobi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kepulauan Riau menyerahkan 15 kotak masker medis (single use surgical mask). Penyerahan bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin, dan Kasubbag TU, H. Syahjohan.

Menurut penuturan tim dari BPBD Kepri yang terdiri dari 3 orang yaitu Agus Siswanto, Didin Samsudin, dan Budi Santoso, menyebutkan bahwa bantuan tersebut berasal dari Tumasik Singapura yang dikirimkan ke BNPB Nasional dan kemudian diserahkan ke BPBD Kepri untuk disalurkan ke masjid dan musala. “Satu kotak berisi 2000 masker, jadi total 15 kotak adalah 30 ribu masker. Sesuai arahan dari Gubernur Kepri, bantuan ini ditujukan untuk masjid dan musala se- Kabupaten Bintan sebagai persiapan untuk menghadapi Idulfitri 1442 H besok,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa sejatinya bantuan masker ini telah disalurkan di awal bulan Ramadan, namun karena terkendala pandemi dan teknis lainnya sehingga baru dapat disalurkan sekarang. “Bantuan masker ini diberikan ke seluruh Kabupaten/Kota se Kepulauan Riau. Masing-masing Kabupaten/Kota mendapatkan jumlah bantuan bervariasi berdasarkan jumlah penduduk dan rumah ibadahnya. Total ada 96 kotak masker yang dikirimkan ke Kepri,” ujarnya.

Sebelum undur diri, Budi menginformasikan bahwa salah satu wilayah yang belum mendapatkan bantuan ini adalah Kota Batam. Hal ini dikarenakan pembatasan mobilitas masyarakat menjelang Idulfitri 1442 H sudah diterapkan. Kemudian mereka beranjak menuju Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang untuk mengantarkan 15 kotak masker lainnya.

Pada saat itu, Kakankemenag Bintan, Erman, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia mengatakan bahwa di Kabupaten Bintan terdapat 423 masjid dan musala. Ia merespons akan segera menindaklanjuti bantuan tersebut dengan berkoordinasi bersama jajaran Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Bintan dan KUA di tiap kecamatan. (amilia)



 

61

Berita Terkait