Kamis 26 November 2020

Berita

Jelang 22 Oktober, Kakankemenag Bintan Rapat Hari Santri di Kantor Bupati

19-10-2020


* Jelang 22 Oktober, Kakankemenag Bintan Rapat Hari Santri di Kantor Bupati

(Kemenag Bintan) – Senin (19/10/2020), seusai memimpin rapat dinas di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Kepala Kantor: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. menuju Kantor Bupati Bintan untuk rapat Hari Santri bersama dengan Asisten II Administrasi Perekonomian Pembangunan: Supriyono, S.E., M.Si. dan Asisten III Administrasi Umum: drh. Hj. Kartini, M.Si. Rapat ini sebagai bentuk koordinasi dan konsolidasi antara Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah terkait kegiatan keagamaan di Bintan. Hadir pula pada rapat itu, para Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se- Kabupaten Bintan yang terangkum dalam FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren).
 
Dalam rapat tersebut didapat bahwa Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober akan diperingati dengan menggelar Upacara di tanggal yang sama di Halaman Kantor Bupati Bintan. Hadir pada upacara tersebut adalah perwakilan santri dan Pengasuh Ponpes se- Kabupaten Bintan dan jajaran Kantor Kemenag Bintan. Upacara Hari Santri tersebut akan dipimpin oleh Pjs. Bupati Bintan: Drs. Buralimar, M.Si.

“Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan istighotsah bersama di Aula Besar Kantor Bupati Bintan. Pada kegiatan istighotsah ini selain dihadiri oleh peserta upacara Hari Santri juga dihadiri oleh tamu undangan yang telah ditentukan.” Ucap Erman kepada Humas Kemenag Bintan.

Alhamdulillah, upacara Hari Santri ini didukung baik oleh Pjs. Bupati Bintan, ini adalah kali pertama upacara Hari Santri di Kantor Bupati atas persetujuan beliau. Selanjutnya pada kegiatan istighotsah tersebut juga akan dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pengasuh Ponpes yang dinilai berhasil dan terbaik. Penilaian ini langsung diberikan dari Pimpinan masing-masing Ponpes dan diusulkan untuk dikeluarkan oleh Kakankemenag Bintan.” Lanjutnya.

Setelah itu, Erman menginformasikan akan ada kegiatan lanjutan berupa lomba dalam rangka Hari Santri yang dimulai tanggal 26 dan 27 Oktober. Adapun lomba-lomba yang akan digelar antara lain Lomba Baca Puisi Islami, MHQ (Musabaqah Hifzil Quran) untuk 1, 3, dan 5 juz, lomba Syarhil Quran, dan Kaligrafi.

Dalam kegiatan istighotsah nanti santri Ponpes akan diminta untuk menyuarakan Masing-masing yel-yelnya yang berisi tema Hari Santri tahun ini yakni, Santri Sehat Indonesia Kuat. Pada yel-yel peringatan Hari Santri di Kepulauan Riau, khususnya Kabupaten Bintan akan ditambah dengan semangat positif dukungan terlaksananya Pilkada Sehat oleh santri Ponpes se- Kabupaten Bintan. (amilia)
 

122

Berita Terkait