Selasa 16 Juli 2019
Ats-tsulatsa 13 Dzulka'dah 1440

Berita

JCH Lingga Rekam Biometrik, Sekaligus Simulasi Keberangkatan

16-04-2019


* Manasik Haji tahun lalu

(Kemenag Lingga) -- 36 Jamaah calon haji akan melaksanakan rekam biometrik guna penerbitan visa jamaah haji. Sudah dijadwalkan dan dikomumikasikan dengan pihak dokumen dan Tashel bahwa perekaman akan dilakukan di Kantor Tashel.

Semua calon jamaah akan dikoordinir oleh Karu / Karom masing-masing dan didampingi oleh Kakankemenag, Kasi Haji dan staf. Jamaah calon haji akan diinapkan di Asrama Haji dengan biaya masing-masing.

Kenapa rekam biometrik dilakukan di Batam?, menurut Kasi PHU Kemenag Lingga semua itu tergantung kebijakan dari pihak Tashel. "Barangkali pihak Tashel melihat jumlah jamaah calon haji Lingga yang sedikit. Sekaligus kita ingin mempercepat proses pemvisaan agar tidak menjadi kendala kedepan,"ungkap Abdurokhman.

Rombongan akan berangkat dari Lingga pada, 21 April 2019. Sedangkan perekaman biometrik pada 22 April 2019. Semoga semua jamaah calon haji dalam kondisi sehat dan siap untuk dilakukan perekaman biometrik.

"Akan kita upayakan proses keberangkatan layaknya simulasi keberangkatan dari daerah ke embarkasi Batam. Begitupun kepulangannya nanti. Sehingga jamaah Lingga siap menjadi jamaah yang mandiri,"katanya.

Berdasarkan surat edaran Nomor : B-15.006/DJ/Dt.II.I/1/Hj.01/04/2019 bahwa proses pembelajaran manasik haji menggunakan sarana yang ada, dengan metode teori 30 persen dan praktik/simulasi 70 persen. (zaid)

108

Berita Terkait