Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

JCH Lingga Rekam Biometrik di Batam

22-04-2019


* H.M.Nasir,S.Ag, M.H mendampingi JCH Lingga di Kantor VFS Tasheel di Batam

(Kemenag Lingga)-- Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Lingga sudah selesai melakukan perekaman biometrik di Batam,Senin(22/4). Sebanyak 36 JCH Lingga serius mengikutinya. Khusus TPHD, melakukan perekaman lebih awal kemarin. Perekaman biometrik merupakan suatu kewajiban sebagai syarat diterbitkannya visa bagi jamaah calon haji yang akan berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Lingga bahwa jadwal perekaman dan lokasi perekaman sudah ditentukan. "Kita ikuti semua tahapan dan proses penyelenggaraan ibadah haji. Ya, ketentuannya begitu. Syarat untuk penerbitan visa harus rekam biometrik terlebih dahulu,"ungkap H.Abdurokhman,S.Ag.

Visa Facilitation Service (VFC) Tasheel merupakan perusahaan resmi yang ditunjuk oleh Kedutaan Arab Saudi untuk melaksanakan perekaman. "Kalau tahun lalu, jamaah melakukan perekaman di embarkasi Batam. Tapi, kebijakan tahun ini perekaman dilaksanakan sebelum masuk embarkasi,"tambah Rokhman.

Kepala Kemenag Lingga yang turut hadir bersama jamaah di Kantor Tasheel di Batam berpesan kepada jamaah untuk tetap menjaga kesehatan. "Jaga kondisi fisik karena haji merupakan ibadah yang berat. Atur pola makan dan pola istirahat serta rajin kontrol kesehatan,"pesan H.M.Nasir,S.Ag,MH.

"Terus perdalam ilmu tentang ibadah haji agar menjadi haji yang mandiri. Perbanyak ibadah dan berdoa agar segala urusan, mulai keberangkatan hingga kepulangan nanti dipermudah oleh Allah SWT,"katanya lagi.

Chairuddin salah seorang JCH asal Lingga tampak bersemangat dan bahagia bersama para jamaah yang lain. "Mohon doa agar kami semua JCH asal Kabupaten Lingga dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sempurna. Kita pun bersyukur karena sejalan dengan perekaman biometrik, kita bisa langsung praktek manasik di Asrama Haji Batam. Sehingga pemahaman kita sedikit bertambah,"jelas Chairuddin.

Transportasi lokal untuk JCH Lingga selama di Batam ditanggung oleh Gubernur Provinsi Kepri. (zaid)

135

Berita Terkait