Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Jamaah Calon Haji Lingga Menunggu Jadwal Biometrik

27-03-2019


* Kasi PHU Kemenag Lingga, Abdurokhman sedang mengurus data Karu Karom

(Kemenag Lingga)-- 36 orang Jamaah calon haji asal Kabupaten Lingga sudah melaksanakan tes kesehatan haji tahap II. Artinya, beberapa tahapan sudah dilalui oleh calon jamaah. Salah satu syarat melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) adalah dinyatakan sehatnya calon jamaah oleh Kementerian Kesehatan.

"Saat ini, tinggal 6 (enam) orang yang belum melakukan pelunasan dari 36 jamaah. Keterlambatan ini bukan di kita tapi masih dalam proses di BPS BPIH terutama di Bank BRI,"jelas Rokhman.

Kasi PHU Kemenag Lingga, Abdurokhman menambahkan lagi, harapannya semua jamaah calon haji sudah melunasi BPIH tahap I sebelum waktunya berakhir. "Kita terus pantau dan kawal pelunasan di BPS. Kita monitor setiap hari perkembangan di Bank,"katanya.

Perlu diketahui masyarakat bahwa tidak ada kuota tambahan yang diberikan Arab Saudi sampai saat ini. "Yang ada hanyalah kuota normal yang berjumlah 221 ribu jamaah untuk Indonesia. Itupun dibagi 204 ribu jamaah reguler dan 17 ribu untuk jamaah haji khusus,"ungkap Rokhman.

"Jadi, saat ini hanya untuk memenuhi jatah kuota provinsi. Jangan sampai kuota perprovinsi tidak terpenuhi karena ada jamaah yang wafat atau uzur lainnya. Adapun jatah kuota provinsi 1.286 jamaah,"jelas Rokhman.

Passpor jamaah haji asal Lingga semuanya sudah siap. Sekarang para jamaah lagi menunggu jadwal biometrik.(zaid)

155

Berita Terkait