Minggu 20 Juni 2021

Berita

Jadi Narasumber Pembinaan Kompetensi SDM Masjid, Kakankemenag Bintan Sampaikan Peran Dan Fungsi Masjid Dalam Pembinaan Umat

10-06-2021


* Jadi Narasumber Pembinaan Kompetensi SDM Masjid, Kakankemenag Bintan Sampaikan Peran Dan Fungsi Masjid Dalam Pembinaan Umat

(Kemenag Bintan) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin, menjadi narasumber pada kegiatan pembinaan kompetensi SDM Masjid di Majid Besar Al Falah Kecamatan Toapaya, Senin (7/6/2021). Kegiatan yang mengangkat tema SDM Profesional, Masjid Berkualitas, Jemaah Makmur ini dihadiri oleh 20 orang pengurus masjid.

Mengawali materinya, Kakankemenag Bintan, Erman, mengatakan bahwa masjid mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pembangunan peradaban Islam. Di masjid Rasulullah Saw. menggembleng akidah, syariah, solidaritas, toleransi, dan bahkan politik umat. “Rasulullah Saw. terbukti telah berhasil membangun masyarakat beradab, berakhlak, berilmu, dan berteknologi tinggi serta memiliki harga diri dengan menjadikan masjid sebagai basis perjuangan,” kata Erman.

Maju ke beberapa abad kedepan, di masa para Wali Songo. juga dapat diambil pelajaran betapa tingginya peran masjid dalam keberhasilan proses dakwah Islam di Pulau Jawa. Para Wali Songo senantiasa menggunakan masjid sebagai tempat berkumpulnya masyarakat.

“Di masjid pula para Wali Songo mendakwahkan ajaran Islam dengan santun dan ramah kepada masyarakat. Masyarakat pun merasa tertarik, karena apa yang disampaikan tidak serta merta mengikis habis tradisi yang selama ini mereka yakini dan mereka lakukan,” terang Erman.

Menurut Erman, masyarakat yang selama ini menganggap bahwa masjid hanya sebagai tempat ibadah. Anggapan ini harus dikembangkan menuju pola pikir dan sudut pandang bahwa masjid  juga berfungsi sebagai pusat pembinaan umat seperti kegiatan muamalah, tempat bermusyawarah, pemberdayaan ekonomi, sosial, pendidikan dan sebagainya.

“Di Indonesia saat ini diperkirakan berpenduduk lebih kurang 220.000.000 orang merupakan penduduk masyarakat muslim terbesar, bahkan merupakan Negara terbesar penduduk muslim di dunia. Dengan demikian masjid memerlukan pembinaan dan dukungan Pemerintah agar umat beragama dapat menjalankan ibadah dan keyakinannya dengan sebaik-baiknya,” seru Erman.

Mengenai standarisasi masjid, Erman mengatakan kualifikasi masjid di Indonesia terdiri dari berbagai tipologi antara lain, tipologi struktural, sektoral, teritorial dan sejarah ditinjau dari apek idarah, imarah dan ri’ayah sebagai pedoman dalam rangka pengelolaan dan pemberdayaan masjid. Selain itu Erman juga mengupas tentang standarisasi bangunan masjid, fungsi masjid, standar pengelolaan masjid, dan beberapa program pemberdayaan masjid.

Kegiatan ini juga diisi oleh narasumber lainnya yakni Kepala Bidang Bimas Islam dan Plit. Urais Binsyar Kanwil Kemenag Kepri. Turut hadir pula saat itu Kepala KUA Kecamatan Gunung Kijang dan KUA Kecamatan Teluk Sebong. (amilia)
 

57

Berita Terkait