Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

Itjen Review Laporan Keuangan Semester II

23-01-2020


* Itjen Review Laporan Keuangan Semester II

Senggarang (Inmas)- Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI selama 10 hari ke depan akan melakukan review atas Laporan Keuangan (LK) Semester II Tahun 2019. Kegiatan entry meeting baru saja dilakukan di Aula Kanwil Kemenag Kepri, Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Kamis (23/1/2010). Hadir dalam entry meeting, Kakanwil Kemenag Kepri, pejabat eselon III dan IV dan seluruh pengelola LK, operator SIMAK dan SAIBA.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA mengatakan Kanwil Kemenag Kepri masih kekurangan SDM. Menurutnya jumlah PNS yang masuk tidak seimbang dengan usulan yang disampaikan.  

“Bahkan ada Kepala KUA yang wilayah kerjanya sampai 3 kecamatan. Banyak KUA yang tidak memiliki staf pelaksana. Kami meminta agar Itjen memperhatikan ini sehingga kinerja kita semakin meningkat,” sebut Kakanwil.

“Di Kanwil Kemenag Kepri sudah dilaksanakan beberapa audit, baik audit kinerja versi 2.0, review LK Semester I, audit LK oleh BPK RI dan hasilnya semua sudah nihil temuannya dan kita sudah mendapatkan reward sebagai peringkat pertama,” ujar Kakanwil.

“Namun demikian, bimbingan Itjen terus kita butuhkan terutama dalam menghadapi audit eksternal sehingga hasilnya maksimal. Sesuai pesan Menag, WTP itu harga mati,” ucapnya.

Sementara itu, Pengendali Teknis Tim Itjen Kemenag RI, Melia Fauziyah mengatakan dalam manajemen diperlukan pengawasan melalui berbagai review dan audit.

“Pekerjaan Itjen bukan saja audit, tetapi bisa review, evaluasi, monitoring dan audit. Sebelum diaudit oleh BPK, APIP berkewajiban untuk melakukan review untuk meyakinkan bahwa SOP sudah terpenuhi,” sebut Melia.

Dalam hal ini Itjen berkewajiban untuk mendorong terjadinya singkronisasi antara SAIB, SIMAK dan kondisi yang sebenarnya. “Mereview LK pada intinya akan memberikan keyakinan tentang akurasi, keandalan dan koreksi secara berjenjang. Untuk LK Semester I wajib sudah disusun, sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah atas penggunaan APBN. Saya tahu, jika tidak ada temuan signifikan di Kepri,” sambung Melia.

Tim Itjen beranggotakan Melia Fauziyah (Dalnis), Sinto Irianti (Ketua Tim), (Slamet Susanto (anggota), Abdul Hakim (anggota), Arif Rosyadi (anggota), dan Triasta Dwipa (anggota) yang melaksanakan tugas 22 – 31 Januari 2020. (hatiman)

 

79

Berita Terkait