Minggu 17 Januari 2021

Berita

Humas Kemenag Natuna Jadi Narasumber pada Kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik di MAN 1 Natuna

11-11-2020


* Humas Kemenag Natuna menjadi Narasumber di MAN 1 Natuna

Kemenag Natuna inmas - Siswa/i sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Natuna gelar pelatihan Bimbingan Teknis jurnalistik bagi siwa/i, Selasa ( 10/11/2020 ). Selain memotivasi hobi menulis bagi siswa, juga menindaklanjuti semangat menulis siswa yang terus meningkat. pelatihan jurnalistik kali ini, mengundang beberapa narasumber seperti dari Humas Kemenag Natuna, dari Diskominfo, Tokoh Pemuda Penggiat Wisata Natuna dan kalangan wartawan cetak dan online.

Fuad Hasan selaku Humas Kemenag Natuna sebagai narasumber lebih banyak mengupas tentang jurnalistik dihadapan peserta pelatihan, mulai dari pengertian, dasar-dasar dan ruang lingkup jurnalistik.  “selain memotivasi terhadap semangat hobi menulis bagi siswa/siswi, juga memberikan pemahaman tentang jurnalistik”, terang Fuad.

Fuad mengatakan,menulis itu gampang dan dari sekian banyak kategori tulisan, terutama bagi penulis berita atau pewarta, cukup menjadi pegangan rumus menulis sederhana yaitu W5+H1. “rumus menulis W5+H1 itu yaitu, W1 = What (tema apa yang akan ditulis, W1 ini juga yang akan menentukan 4W lainnya), W2 = Who (siapa yang akan menjadi tokoh/sumber W1), W3 = When (kapan waktu kejadian W1), W4 = Where (tempat kejadian W1), W5 = Why (mengapa W1 terjadi) dan H = How (bagaimana W1 terjadi)” jelas Fuad.

“ Pemahaman jurnalistik bagi siswa/siswi sekolah atau madrasah itu penting, selain untuk membangun generasi profesi jurnalis, terutama upaya mempersiapakan mental dan mengembangkan potensi diri siswa dan siswi Madrasah,”ucap Fuad.

Fuad juga menambahkan sekarang di zaman yang sudah berbasis IT, bentuk media pembelajaran atau bentuk berita sudah berbasis visual yang dapat digunakan yaitu berupa infografis. Infografis merupakan visualisasi ide atau data yang dimanfaatkan dalam menyampaikan informasi yang kompleks untuk audiens melalui cara yang mudah ditangkap dan dipahami dalam kurun waktu yang singkat. sekarang di media online sudah banyak kita temukan berita-berita yang berbentuk info grafis, contohnya seperti info tentang penyebaran virus covid.tutup fuad.

73

Berita Terkait