Kamis 13 Mei 2021

Berita

H. Zahid Buka Pembinaan Hitta Sukhaya bagi Keluarga Buddhis

19-04-2021


* H. Zahid Buka Pembinaan Hitta Sukhaya bagi Keluarga Buddhis

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang H. Zahid, S.Ag membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya yang dilaksanakan oleh Seksi Bimas Buddha di Hotel Bintan Plaza, Ahad (18/4). Dalam sambutannya H. Zahid mengatakan kepada para peserta bahwa pembinaan ini bertujuan untuk  meningkatkan keluarga yang sejahtera, yang penuh cinta dan kasih sayang.

Ia menambahkan bahwa menyatukan  dua orang yang berbeda, juga mempunyai karakter yang berbeda menjadi satu tujuan untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan sejahtera sesuai dengan tujuan pernikahan tidak semudah membalikkan telapak tangan. akan tetapi perlu kerjasama yang baik, komonikasi yang baik, saling pengertian dan memahami tugas dan kewajiban masing-masing suami istri.

“Hitta Sukhaya  dalam istilah dalam Agama Islam yaitu keluarga Sakinah, mawadah warohmah. Juga hendaknya diawali dengan pernikahan yang sesuai dengan regulasi yang ada serta tercatat di catatan sipil supaya mempunyai kekuatan hukum yang tetap” papar H. Zahid.

Mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera diperlukan  kenyamanan dalam keluarga yaitu menggabungkan tujuan atau persepsi yang berbeda menjadi satu, dengan kesabaran dan menerima apa adanya pasangan  masing-masing. Untuk keluarga yang baru menikah akan merasakan sifat masing-masing yang belum kita ketahui.

Adapun cara untuk menjaga keluarga  Hitta Sukhaya adalah berupaya menjaga dan saling mengenal dan memahaminya, perasaan timbal balik, perasaan hormat / saling menghormati, perasaan senang, penyelesaian masalah bersama-sama, menerima apa adanya, toleransi, jujur, kepedulian / solidaritas pada keluarga, arif dan bijaksana.

Apabila itu semua dilaksanakan dalam kehidupan berumahtangga niscaya akan menjadi keluarga yang bahagia sejahtera (keluarga Hitta Sukhaya).

45

Berita Terkait