Kamis 09 April 2020
Al-Khomis 15 Sya'ban 1441

Berita

H. Sunarjo, S.Ag : Manasik Haji Sepanjang Tahun Inovasi Kemenag

19-02-2020


* H. Sunarjo, S.Ag : Manasik Haji Sepanjang Tahun Inovasi Kemenag

Kemenag Tpi (INMAS) Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kepri H. Afrizal, S.Ag membuka kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahu  yang dilaksanakan oleh Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Tanjungpinang di Masjid Al-Uswah, Sabtu (15/2). Pertemuan perdana manasik haji tersebut diikuti oleh seluruh calon jamaah haji yang dijadwalkan akan berangkat tahun 2020 tahun ini.

H. Afrizal dalam sambutannya meminta kepada seluruh jamaah haji yang akan berangkat untuk membuat persiapan-persiapan yang akan mendukung dan memperlancar jalannya ibadah haji di tanah suci kelak. Mantan Kakan Kemenag Kab. Karimun ini berucap selain persiapan fisik, jamaah juga harus mempersiapkan mental agar kesiapan tidak hanya lahiriyahnya saja namun bathiniyah juga harus siap. Ucap H. Afrizal
“selain pemerintah melalui Kementerian Agama telah mempersiapkan segala sesuatunya, baik di tanah air maupun di tanah suci. Jamaah juga harus memperisapkan diri masing-masing yakni persiapan lahir dan bathin. Perbanyaklah mengikuti  kegiatan manasik agar tercipta haji yang mandiri. Selain itu juga perlu persiapan fisik. Mulai sekarang harus banyak latihan jalan kaki agar nanti ketika di tanah suci badan kita tidak terkejut dengan tingginya aktifitas fisik ketika melaksanakan ibadah haji” urai H. Afrizal.

Sementara itu Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Tanjungpinang H. Sunarjo, S.Ag mengatakan, pada penyelenggaraan haji 2020 mendatang banyak perubahan-perubahan, diantaranya adalah Kemenag akan ada inovasi dalam penyelenggaran haji. Manasik haji sepanjang tahun merupakan inovasi Kemenag yang ditujukan oleh KUA sebagai ujung tombak Kemenag. hal tersebut untuk meningkatkan pelayanan ibadah haji kepada jemaah. Selain itu, pemerintah juga memberikan perhatian kepada jemaah haji yang sudah tua, termasuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada jemaah.

“Untuk manasik haji akan dilakukan sejak awal, kemudian dibagi kelompok untuk bimbingan manasik haji di tingkat kecamatan menyesuaikan penyusunan kloter. Implementasi Bimbingan Manasik dan Ibadah sepanjang tahun ini dengan memaksimalkan peran KUA Kecamatan yang pelaksanaannya berbasis regu dan rombongan. Di samping itu juga ada pengayaan materi bimbingan yang sesuai dengan kondisi jemaah dan kondisi kekinian yang terjadi di Arab Saudi” Pungkas H. SUnarjo. (fm)

 

120

Berita Terkait