Selasa 07 Juli 2020

Berita

H. Samsutarmidi : Belajar Dari Rumah Jangan Lupakan Pendidikan Karakter

13-04-2020


* H. Samsutarmidi : Belajar Dari Rumah Jangan Lupakan Pendidikan Karakter

Kemenag TPI (INMAS) sudah hampir sebulan proses belajar dari rumah diterapkan oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan di Kota Tanjungpinang. selama itu juga ribuan pelajar madrasah baik negri maupun swasta hanya mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru melalui aplikasi chating whatsApp. Tanpa tatap muka, tanpa pendampingan guru secara fisik.

Keluhan pun bermunculan, para siswa mengalami kesulitan untuk melakukan konsultasi dengan guru terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam, misalnya mata pelajaran Matematika. Selain itu, banyaknya tugas yang diberikan dengan waktu yang singkat juga menambah tingkat stress yang diterima para pelajar saat proses belajar dari rumah ini.

Hal terserbut dapat diperparah dengan kondisi rumah yang tidak kondusif untuk belajar dan jaringan internet yang tidak memadai menambah daftar permasalahan proses belajar dari rumah. Belum lagi tidak semua orang tua wali murid mampu mengisi kuota internet seperti yang dibutuhkan para siswa. Sehingga memberatkan orang tua yang mempunyai keterbatasan kemampuan keuangan.  

Untuk itu Kakan Kemenag Kota Tanjungpinang menghimbau kepada seluruh guru madrasah untuk menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan dan tidak membebankan kepada peserta didik dengan segudang soal-soal yang memberatkan siswa.

“Berikanlah tugas-tugas yang dapat menstimulsi sikap karakter relegius peserta didik, tidak melulu pelajaran yang bersifat teori. Hal terserbut mamang memerlukan kecakapan dan kemahiran seorang guru dalam meramu kegiatan yang harus dilakukan pelajar di rumah yang berkaitan dengan pendidikan karakter tersebut” pinta Kakan Kemenag. (fm)

109

Berita Terkait