Minggu 19 Mei 2019
Al-Ahad 14 Ramadhan 1440

Berita

H. Kholif Ihda Rifai: Gunakan Hak Pilih, Jangan Golput!

18-04-2019


* H. Kholif Ihda Rifai: Gunakan Hak Pilih, Jangan Golput!

Karimun (Inmas) – Kasubag TU Kankemenag Kabupaten Karimun H. Kholif Ihda Rifai meminta kepada seluruh pegawai Kantor kementerian Agama Kabupaten Karimun untuk menggunakan hak pilihnya  pada Pemilihan Umum tahun 2019 yang akan dilaksanakan besok Rabu, 17 April 2019.

“Gunakan Hak Pilih, Jangan Golput. Karena memilih adalah hak kita, hak kita untuk memilih siapa Presiden dan Wakil Presiden pilihan kita, siapa yang mewakili kita di DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk lima tahun yang akan datang.” Kata H. Kholif Ihda Rifai.
“Pilihlah sesuai dengan hati nurani anda,” tambahnya.

Sebelum mencoblos pada Pemilu 2019, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah nama sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Cara mengeceknya adalah bisa dilakukan dengan mendatangi kantor desa/kelurahan setempat atau bisa melalui HP dengan mengakses situs resmi lindungihakpilihmu.kpu.go.id. dan kita akan mengetahui di TPS mana kita searusnya mencoblos.

Untuk diketahui, saat datang ke TPS  pada esok hari, jangan lupa untuk membawa KTP dan Formulir C6 atau surat undangan berupa pemberitahuan untuk memilih. Dan bagi Anda yang belum memiliki KTP elektronik, bisa membawa KTP sebelumnya (non elektronik) atau surat keterangan (suket) perekaman KTP elektronik.

Untuk diketahui bahwa dalam Pemilu 2019, ada lima warna surat suara yang harus dicoblos. Lima warna tersebut adalah abu-abu, kuning, merah, biru dan hijau.
  1. Surat suara warna abu-abu, diperuntukkan bagi surat suara calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019.
  2. Surat suara warna kuning, digunakan sebagai surat suara calon anggota DPR RI Pemilu 2019.
  3. Surat suara warna merah, diperuntukkan surat suara calon anggota DPD Pemilu 2019.
  4. Surat suara warna biru digunakan sebagai surat suara calon anggota DPRD Provinsi Pemilu 2019.
  5. Surat suara warna hijau, diperuntukkan sebagai surat suara calon anggota DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019.
Sedangkan ketentuan atau tatacara untuk mencoblos lima surat suara itu telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Setelah selesai melakukan pencoblosan surat suara, lipat kelima surat suara tersebut dan masukkan surat suara ke dalam kotak suara yang tersedia. Terakhir, sebelum meninggalkan TPS, harus mencelupkan satu jari ke tinta sebagai bukti Anda telah menggunakan hak suara di Pemilu 2019. (zhir)

33

Berita Terkait