Kamis 13 Mei 2021

Berita

H. Jamzuri: Rencana Aksi Perubahan Kantor Kemenag Karimun Melalui Zuriah Smart Online

16-04-2021


* H. Jamzuri: Rencana Aksi Perubahan Kantor Kemenag Karimun Melalui Zuriah Smart Online

Karimun (Inmas) -  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri saat ini sedang mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV. Dalam rancangan aksi perubahan yang disusun oleh H. Jamzuri yakni Peningkatan Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  Melalui  Zuriah Smart Online Menuju  Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (Wbbm) ) Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Karimun. Sebagai Mentor adalah Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I dan sebagai Coach adalah DR. Hj. Mardiyanti, M.Pd.

“Tujuan utama aksi perubahan ini adalah terlaksananya sistem Pelayanan yang gratis, luar biasa, saling menguntungkan, cepat, dapat dipertanggung jawabkan  dan menyenangkan serta tersedianya  data akurat dan mudah diakses melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Zuriah Smart Online. Tujuan Jangka Pendek tersedianya aplikasi Zuriah Smart Online.(zero, unbilivable, reciprocity, immediately, accountable, happiness)  di kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Tujuan Jangka Menengah adalah Pengembangan aplikasi Zuriah Smart Online  dengan fitur, Lampiyon, pelayanan pindah rayon, Remason, pelayanan rekomendasi masjid on line, Laras Puji, pelayanan Rekomendasi paspor umrah dan haji (khusus) di kantor Kementerian Agama kabupaten Karimun dan Tujuan Jangka Panjang Pengembangan aplikasi Zuriah Smart Online  dengan 13 fitur layanan di Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Karimun.” Jelas H. Jamzuri.

H. Jamzuri menambahkan bahwa kondisi Pelaksanaan layanan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun saat ini pelayanan masih dilakukan dengan cara masyarakat yang membutuhkan pelayanan    Sudah melalui  front office dan back office tidak berhadapan langsung lagi dengan pemberi layanan namun masih off line dan datang ke kantor, belum terintegrasi, dan belum memanfaatan IT dan sebagian pegawai belum disiplin menyelesaikan tugas karena tidak ada kontrol dari pihak luar yang memonitor batas waktu layanan selain itu belum tersedianya tempat yang dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam mencari layanan.

“Berdasarkan analisa U(urgency), S(seriousness), G(growth)  Permasalahan Untuk PTSP yang masih harus bertatap muka dan belum terintegrasi di masa Pandemi ini mendesak (urgency) untuk segera diberikan solusi, apabila permaslahan ini tidak segera diselesaikan akan mengakibatkan masalah yang serius (seriousness), yaitu proses pada PTSP akan menjadikan permasalahan bila menjadi media penularan Covid-19 dan proses integrasi belum terpenuhi membuat lama birokrasi/proses pelayanan, kedua hal ini apabila terus di biarkan maka akan tumbuh berkembang (growth) hingga mengakibatkan kinerja Pegawai dan Pelayanan Terganggu.” Tambah H. Jamzuri.

Adapun strategi mengatasi masalah tersebut H. Jamzuri menyampaikan bahwa perlu suatu perubahan ke arah yang lebih maju untuk meningkatkan aspek pelayanan dengan cara memodernisasi layanan antara lain dengan membuat sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan penyediaan data berbasis IT, dimana pemberian layanan terhadap satu atau beberapa layanan diselenggarakan secara terintegrasi dalam satu tempat dan dikontrol oleh sistem pengendalian manajemen. 

“Dengan layanan seperti ini maka masyarakat tidak lagi harus memasuki ruangan unit kerja untuk mendapatkan layanan akan tetapi cukup datang ke PTSP dan bertemu dengan petugas Front Office saja dan hasilnya juga diambil di petugas Front Office sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan dalam SOP.  Dengan aksi perubahan ini pelayanan menjadi online kecuali jenis layanan yang memang tidak dapat selesai dengan online.” Tambah H. Jamzuri lagi.

Hal tersebut, masih menurut penjelasan H. Jamzuri perlu dilakukan dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta mempersingkat proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan  yang  murah, luar biasa, saling menguntungkan, cepat, dapat dipertanggung jawabkan  dan menyenangkan serta tersedianya  data akurat dan mudah diakses pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Zuriah Smart  Online.

“Dengan cara ini juga akan dapat meminimalisir interaksi antara pengguna layanan dengan petugas dalam rangka terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta citra Kementerian Agama yang lebih baik.”  Tambah H. Jamzuri.

Dengan upaya peningkatan Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) melalui Zuriah Smart Online Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun pelaksanaan aksi perubahan berjalan dengan baik berkat kerjasama  Tim Efektif dan stakeholder terkait serta arahan dan dukungan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau  Dr. H. Mahbub Daryanto,  M.Pd.I  dan bimbingan dari Coach, Ibu  Dr. Hj. Mardiyanti, M.Pd. Widyaswara Pusdiklat Keagamaan Kementerian Agama RI. Jakarta.

 

62

Berita Terkait