Selasa 20 Oktober 2020

Berita

Gubernur Kepri Bersama Kakankemenag Bintan Jadi Keynote Speaker Bedah Majalah Literasi Indonesia

22-09-2020


* Gubernur Kepri Bersama Kakankemenag Bintan Jadi Keynote Speaker Bedah Majalah Literasi Indonesia

(Kemenag Bintan) - Senin (21/09/2020) pukul 15:00 WIB, Gubernur Kepulauan Riau: H. Muhammad Isdianto, S.Sos, M.M. menjadi Keynote Speaker sekaligus menjulang Kepri sebagai Provinsi Literasi pada Webinar MediaGuru ke-12 yang mengupas tentang Majalah Literasi Indonesia edisi Agustus 2020. Selain Isdianto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. juga turut menjadi Keynote Speaker pada acara ini.

Webinar ini dapat diikuti dalam dua media antara lain, secara interaktif melalui zoom meeting yang hanya dapat diikuti oleh alumni kelas menulis Majalah Literasi Indonesia, dan secara live di kanal youtube Media Guru Indonesia

Dalam pengantarnya, CEO Media Guru Indonesia: Mohammad Ihsan mengatakan bahwa majalah yang akan dikupas kali ini mengangkat tema Menuju Kepri Provinsi Literasi. Menjadi Cover majalah ini adalah foto Gubernur Kepri dan Kakankemenag Bintan.

Ihsan menguraikan alasan mengapa majalah edisi Agustus ini baru dapat dibedah sekarang dikarenakan majalah tersebut setebal 224 halaman, sehingga proses produksinya memakan waktu yang cukup lama. “Mengapa bisa sampai 224 halaman karena memang saking banyaknya naskah yang masuk dari penulis dan kami ingin juga memberikan mereka kesempatan.” Urai Ihsan.

Ihsan mengatakan alasan MediaGuru membuat Majalah Literasi Indonesia adalah untuk menampung artikel dan karya ilmiah populer dari para penulis terutama guru. “Jika hanya mengharapkan media cetak nasional ataupun media massa maka persaingannya sangat ketat. Berdasarkan pengalaman, naskah artikel dan karya tulis ilmiah populer para guru juga masih kurang diterima oleh Tim Redaksi Media tersebut sehingga kami rasa mereka perlu pengarahan dalam hal ini.” Lanjutnya.

Ihsan menjelaskan bahwa majalah literasi Indonesia ini berbentuk digital. Majalah ini terdiri dari Daftar Isi Majalah Literasi adalah  Catatan Pemred,  CEO’s Note, Laporan Utama,  Reportase,  Artikel Opini, Tulisan Esai,  Resensi Buku,  Karya Sastra dan Fotografi. Terakhir Ihsan menawarkan jika ada yang ingin menjadi Kontributor untuk Majalah Literasi edisi yang akan datang dapat mendaftar online via majalahliterasi4.mediaguru.id.

Selanjutnya, Gubernur Kepri, Isdianto dalam Keynote Speaker nya mengapresiasi Panitia Penyelenggara Webinar bedah Majalah ini. Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan sebuah inovasi yang bagus dalam meningkatkan kompetensi profesional melalui budaya lterasi khususnya keterampilan membaca dan menulis.

“Di era digital seperti sekarang, budaya literasi bisa menumbuhkan dan meningkatkan minat baca dan menulis bagi diri sendiri, guru, dan para pegiat literasi. Jika budaya literasi ini diterapkan oleh seorang guru maka diharapkan guru mampu membuat gerakan literasi di sekolahnya masing-masing.” Ucap Isdianto.

“Gerakan literasi sekolah  adalah upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik sehingga terciptanya pembelajaran yang berguna sepanjang hayat.mDengan diadakan Webinar ini dan melalui kerjasama para guru kita dapat semakin menumbuhkan minat baca anak bangsa sehingga mampu berkarya dengan memanfaatkan teknologi yang ada.” Lanjutnya.

Terakhir, Isdianto mengajak peserta Webinar untuk membiasakan diri gemar membaca, karena melalui gemar membaca sama dengan meningkatkan pengetahuan, keilmuan, dan keterampilan.

Kemudian, Kakankemenag Bintan, Erman Zaruddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa Majalah Literasi Indonesia ini merupakan suatu terobosan baru agar bagaimana semuanya bisa belajar melalui majalah literasi di Indonesia. Ia mengucapkan terima kasih kepada CEO MediaGuru yang telah mempercayakannya untuk mengisi acara ini. Menurutnya, MediaGuru telah memberikan wawasan yang luarbiasa untuk pengembangan diri, instansi, dan negeri.

“Kita ingin sukseskan gerakan gemar membaca di Provinsi, kita bersyukur Gubernur Bupati Walikota mendukung kegiatan literasi ini, kondisi ini memberikan gambaran bahwa upaya untuk meningkatkan literasi disini akan semakin baik kedepannya.” Ujar Erman.

“Beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana gerakan literasi ini dikembangkan agar membawa Kepri menjadi Provinsi Literasi, antara lain melalui lomba membaca, pengadaan buku bacaan, penyediaan taman bacaan di ruang publik, kegiatan bedah buku,lomba pojok literasi.” Imbuhnya.

Erman menyebutkan bahwa ketika dirinya dipercayakan oleh MediaGuru sebagai Tokoh Penggerak Nasional 2019, hal ini merupakan amanah yang tidak bisa berhenti untuk diemban. Sehingga kendati Covid-18 melanda, ia tetap bisa menggerakkan pelaksanaan Kelas Menulis Online di Kepri sebanyak 3 kali. “Kedepannya, kita ingin di Kepri ini akan muncul berbagai lomba yang bekerjasama dengan berbagai instansi, Dinas, dengan merangkul IPPL (Ikatan Penulis Penggiat Literasi) dan MediaGuru Indonesia sebagai Narasumbernya.” Pungkasnya.

Terakhir, Webinar berisi tentang penjabaran isi dari Majalah Literasi Indonesia yang diuraikan oleh Pemimpin Redaksi Indonesia, Eko Prasetyo. (amilia)




 

146

Berita Terkait