Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

GM3 Toapaya di Mesjid Al Amin Tasnurhadi (LDII) Bahas Hikmah Lapang Dada

29-11-2019


* GM3 Toapaya di Mesjid Al Amin Tasnurhadi (LDII) Bahas Hikmah Lapang Dada

(Kemenag Bintan) – Kamis petang (28/11/19), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Toapaya mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (GM3) pada pekan terakhir bulan November 2019 bertempat di Mesjid Al Amin Tasnurhadi (LDII) yang beralamat di Jalan Kawal Km. 26 Kelurahan Toapaya Asri.

GM3 ini seperti biasa dihadiri oleh seluruh jajaran KUA Toapaya termasuk Penyuluh Agama Islam (PAI), Ketua FKPQ serta guru TPQ setempat. Pembuka kegiatan diawali dengan pembacaan yasin yang dipimpin oleh Staf KUA; Ahmadi Putera, S.Pd.I. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian tausiyah oleh Kepala KUA Toapaya; H. Zainal Nahra, S.Ag yang mengangkat tema “Hikmah Lapang Dada”.

Dalam tausiyahnya, Zainal mengutip QS. Almujadalah Ayat 11 yang menjelaskan kepada kita untuk bersikap berjiwa besar atau berlapang dada. Zainal mencontohkan dalam sebuah kasus untuk berlapang dada atas hasil keputusan musyawarah/voting selama keputusan tersebut tidak bertentangan dengan hukum Islam. Hal ini telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW ketika menentukan perang uhud antara dikota Mekkah atau diluar kota Mekkah. Mayoritas sahabat kaum muda menghendaki perang uhud diluar kota Mekkah, dan dengan sikap berjiwa besar para sahabat kaum tua menerima hasil musyawarah tersebut.

Zainal menjabarkan beberapa hikmah atau keuntungan yang didapat dari menjadi pribadi yang berjiwa besar atau lapang dada sebagai berikut: menambah wawasan dari keputusan pihak lain yang dijalankan, menyatakan bahwa kita bukanlah pribadi yang memaksakan kehendak dan merasa paling benar,  menanamkan dan menjadi contoh bahwa berbeda pendapat itu adalah rahmah selama masing masing mempunyai dasar hukum yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, menyadari bahwa semua perbuatan kita diawasi oleh Allah SWT dan menyadari bahwa sikap dan isi hati kita akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT. Zainal menambahkan bahwa Allah SWT akan menghitung keputusan dan keridhoan hati kita dalam mengalah dan berlapang dada demi kerukunan dan keutuhan sebuah kelompok, sembari berdoa akan keputusan yang dipilih dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai harapan.

Secara terpisah, Zainal mengatakan bahwa jamaah Mesjid Al Amin Tasnurhadi merasa puas dan antusias mendengarkan tausiyah. Mereka juga meminta kepada rombongan KUA untuk memberikan tausiyah lagi disana, karena menurut pengakuan jamaah jarang ada pihak pemerintah atau instansi yang berkunjung ke Mesjid tersebut. (kontributor; zainal, editor; amilia)
 

60

Berita Terkait