Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

GM3 KUA Toapaya Bahas Kelahiran Nabi Muhammad SAW

11-11-2019


* GM3 KUA Toapaya Bahas Kelahiran Nabi Muhammad SAW

(Kemenag Bintan) – Kamis (7/11/19) KUA Kecamatan Toapaya mengadakan kegiatan rutin mingguan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (GM3), kali ini bertempat di Surau Babussalam Km.17 Desa Toapaya Selatan. Hadir pula pada saat itu Staff KUA Toapaya, Penyuluh Agama Islam Toapaya, Ketua FKPQ Toapaya, serta guru TPQ dan Jamaah Surau di lingkungan sekitar..

Kegiatan GM3 dimulai setelah sholat maghrib berjamaah dan dibuka dengan pengarahan dari Kepala KUA Toapaya; H. Zainal Nahra, S.Ag, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Yasin yang dipimpin oleh staf KUA Toapaya; Ahmadi Putera, S.Pd. Setelah itu, penyampaian materi tausiyah singkat atau kultum yang kali ini diisi oleh Penyuluh Agama Islam PNS Toapaya; Azhar.

Pada kesempatan itu, Azhar mengangkat tema tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW. Azhar mengatakan bahwa kelahiran Nabi Muhammad membawa kegembiraan bagi semesta alam. Dikutip dari QS. Al Anbiya ayat 107, dan tidaklah kami mengutus kamu melainkan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Berapa hal yang disampaikan oleh Azhar yaitu,
(1) Tugas Nabi Muhammad yang pertama adalah memperbaiki akhlak manusia yang sudah rusak. “Sesungguhnya aku telah diutus untuk menyempurnakan budi pekerti”, dikutib dari hadits riwayat Ahmad.
(2) Nabi Muhammad juga adalah suri tauladan. “Sesungguhnya telah ada pada diri rasul itu suri tauladan yang baik bagimu”, dikutip dari QS. Al Ahzab ayat 31.

Kegiatan ini penuh interaksi pertanyaan dan tukar pendapat dari para hadirin. Kegiatan GM3 ini turut dihadiri oleh pengurus FKPQ, para santri TPQ, dan  tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat. Kegiatan GM3 selesai setelah azan sholat Isya berkumandang.

 

111

Berita Terkait