Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

GM3 di Toapaya Bahas Hikmah Membaca Alquran

24-01-2020


* GM3 di Toapaya Bahas Hikmah Membaca Alquran

(Kemenag Bintan) – Kamis petang (23/01/2020), KUA Kecamatan Toapaya mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (GM3) di Surau Alkautsar Jalan Kawal Km. 25 Kelurahan Toapaya Asri. Kegiatan GM3 ini turut dihadiri oleh Lurah Toapaya Asri yang baru dilantik beserta rombongan. Pada sambutannya, Lurah Toapaya Asri, Helmizan, memperkenalkan diri dan mengajak kerjasama serta meminta turut dilibatkan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Kegiatan dimulai dengan Pembacaan Surat Yaasin yang dipimpin oleh Staf KUA, Ahmadi Putera, S.Pd.I, kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dari Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS, Rio Putra, S.HI. Dalam tausiyahnya, Rio mengangkat tema tentang Hikma Membaca Alquran. Ia mengatakan bahwa Alquran diturunkan untuk dibaca oleh setiap muslim, lalu direnungkan dan dipahami maknanya, perintah yang tertulis di dalamnya.

“Setelah direnungkan, dipahami, kemudian diamalkan sehingga menjadi hujjah di hadapan Allah SWT, menjadi pembbawa syafaat atau pembela bagi kita di hari kiamat nanti.” Terang Rio.

“Allah SWT telah menjamin bagi siapa saja yang membaca Alquran dan mengamalkannya akan terhindar celaka di akhirat. Sesuai Surat Thaha Ayat 123 yang artinya barangsiapa mengikuti petunjukku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” Sebutnya.

Pada momen tausiyah tersebut, Rio juga menyebutkan tentang beberapa hikmah membaca Alquran antara lain, membuat hati menjadi sejuk, dan menyehatkan jasmani sebagaimana tertuang dalam Surat Al Isra ayat 82 yaitu Kami menurunkan Alquran yang mengandung obat dan rahmat untuk orang-orang yang beriman. Secara terpisah, Kepala KUA Toapaya, H. Zainal Nahra, S.Ag menginformasikan bahwa kegiatan GM3 berjalan dengan lancar, tertib, dan penuh antusias, ia berharap pada tahun 2020 ini semakin banyak jamaah yang meramaikan GM3 di Kecamatan Toapaya. (zainal/amilia)
 

130

Berita Terkait