Minggu 20 Juni 2021

Berita

FKUB Bintan Rapat Bahas Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021

10-06-2021


* FKUB Bintan Rapat Bahas Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021

(Kemenag Bintan) – FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Bintan menggelar rapat bulanan guna membahas pelaksanaan kegiatan  yang bersumber dari BOP (Bantuan Operasional) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan, Rabu (9/6/2021). Pada saat itu Kasubbag TU Kantor Kemenag Bintan mempersilakan kepada pengurus FKUB Bintan untuk melaksanakan rapat di ruang kerjanya.

Rapat dibuka oleh Sekretaris I FKUB Bintan, Abdul Majid Jufri. Ia menyampaikan amanat dari Ketua FKUB Bintan, Samsir, untuk mengadakan rapat pembahasan pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari BOP dari Kantor Kemenag Bintan sesegera mungkin, mengingat laporan kegiatannya sudah diminta.

Alhamdulillah sudah cair bantuan dana dari Kantor Kemenag Bintan sebanyak 60 juta rupiah. Untuk itu, rapat ini membahas dua hal yaitu, pelaksanaan dana kegiatan diawali dengan pendataan rumah ibadah se- Kecamatan, dan penerbitan surat rekomendasi pendirian rumah ibadah Konghucu, Kelenteng,” ungkap Majid.

“Walaupun data rumah ibadah sudah fiks namun kita tetap terjun ke lapangan untuk melihatnya. Ini mencegah ketidaksesuaian antara data dan fakta di lapangan,” imbuhnya.

Selanjutnya terkait pokok rapat yang kedua, Majid  menginformasikan jika ada surat masuk ke FKUB Bintan terkait izin pendirian rumah ibadah Konghucu beserta lampiran dokumen persyaratannya. Ia meminta agar hal ini dibahas untuk memastikan mendapatkan kesepakatan bersama agar kemudian ditindaklanjuti dengan pengecekan kelengkapan dokumen secara checklist dan pemantauan ke lokasi.

Mengenai pendataan rumah ibadah, Ketua FKUB Bintan, H. Samsir, mengusulkan agar bekerja sama dengan KUA Kecamatan. Menurutnya, KUA di setiap Kecamatan memiliki data rumah ibadah yang lengkap. “Mereka memiliki banyak model data, selain memiliki alamat, nama pengurus, mereka juga menyimpan titik koordinat rumah ibadah tersebut,” ucap Samsir apresiatif.

Merespons mengenai izin pendirian rumah ibadah Konghucu yang berada di Kecamatan Gunung Kijang Kelurahan Kawal, Samsir menjawab bahwa ini adalah sudah tugas FKUB selaku organisasi yang mengeluarkan rekomendasi pendirian rumah ibadah. Untuk itu, ia mengajak pengurus untuk bersama-sama mengecek kelengkapan administrasi dan jika dirasa sudah benar dan disetujui, ia mengajak beberapa perwakilan pengurus FKUB Bintan untuk turun ke lapangan.

“Tidak harus 17 orang pengurus FKUB Bintan yang turun, tetapi perwakilan saja dengan pertimbangan kedekatan lokasi dengan tempat tinggal atau tempat kerja,” terang Samsir. Lalu disepakati pemantauan ke lapangan guna memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadah Konghucu dilaksanakan pada hari Jumat esok bakda salat zuhur bersama pihak dari Kantor Kemenag Bintan.

Sebagai informasi, persyaratan dokumen pengajuan pendirian rumah ibadah yang harus dilengkapi sebelum dilakukan peninjauan lokasi adalah struktur panitia pembangunan, kesesuaian identitas pengguna dan pendukung, pengesahan  dari Lurah dan Camat, pertimbangan potensi konflik di lokasi pendirian rumah ibadah, status lahan, dan jumlah pemanfaat rumah ibadah

Rapat tersebut juga membahas kabar terkini surat balasan silaturahmi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan. Dengan begitu, dana bantuan untuk operasional dan bantuan pembangunan Sekretariat FKUB Bintan dari Pemkab belum dapat dipastikan pula. (amilia)
 

178

Berita Terkait