Minggu 31 Mei 2020

Berita

Empat Pastor Pimpin Misa Minggu Palma Secara Online

07-04-2020


* Kegiatan Misa Minggu Palma yang dilalukan Secara Online oleh Paroki HSMTB Tanjungpinang

Kemenag TPI (INMAS) Memasuki hari Minggu Tanggal 5 Spril 2020 adalah suatu momentum Umat Katolik memasuki Masa Pekan Suci yang diawali dengan Misa Minggu Palma. Misa Minggu Palma kali ini dilaksanaan secara online yang di pimpin langsung oleh 4 orang Pastor Sekaligus, yaitu Pastor Dwi Pramodo, Pastor Moses, Pastor Markus Malu dan Pastor Untung Sinaga.

Pekan suci adalah Masa dimana Umat Katolik mulai memasuki masa peribadatan menjelang Perayaan Paskah. Pekan Suci di maulai dari Perayaan Misa Minggu Palma, Misa Kamis Putih, Misa Jumat Agung, Misa Malam Paskah dan Misa Paskah yang rencananya akan berlangsung tanggal 12 April 2020.

Sesuai Keputusan Uskup keuskupan Pangkalpinang  nomor : 029/A.1b/III/2020 Tanggal 20 Maret 2020 Tentang “Sikap dan Langkah Kongkrit Keuskupan Pangkalpinang Terhadap Upaya bersama mencegah Penularan Vurus Covid-19”, Salah satu isinya adalah meniadakan Kegiatan Kegiatan Pastoral salah satunya Perayaan Ekaristi. Pada Tanggal 31 Maret 2020 Uskup Keuskupan Pangkalpinang MGR. Dr. Adrianus Sunarko, OFM mengeluarkan Surat Keputusan Uskup keuskupan Pangkalpinang  nomor : 033/A.1b/III/2020 tentang Perayaan Pekan Suci dan Pelayanan Pastoral lain dalam situasi khusus sehubungan dengan penyebaran Virus COVID-19. Dimana Bapak Uskup memutuskan untuk Perayaan Ekaristi Selama Pekan Suci dirayakan tanpa Kehadiran Umat / secara Online.

Keputusan yang diambil Bapak Uskup MGR. Dr. Adrianus Sunarko, OFM kepada Umat Katolik Keuskupan Pangkalpinang memang membuat Umat Katolik di Kepulauan Riau khususnya di Tanjungpinang merasa sedih karena Harus Merayakan Hari Raya Paskah di rumah. Tetapi ini adalah Keputusan yang harus dipatuhi bersama oleh seluruh Umat Katolik untuk mendukung anjuran Pemerintah dan Keputusan Pemerintah.

Bimas Katolik Kementerian Agama Kota Tanjungpinang dan Bimas Katolik Provinsi Kepulauan Riau mengambil langkah untuk turut membantu Gereja Katolik Kota Tanjungpinang melaksanakan Perayaan Ekaristi selama Masa Pekan Suci secara online. 
Pastor Agustinus Dwi Pramodo sangat berharapan bahwa Umat Katolik di Tanjungpinang semakin teguh Imannya dan Semakin di persatukan dalam keluarga walaupun umat merayakan Ekaristi selama Masa Pekan Suci dan Perayaan Paskah pada puncaknya nanti di rayakan secara online/ Livestreaming. Semoga Umat Katolik tetap mengikuti anjuran Pemerintah dan mematuhi segala aturan yang berlaku dalam masa Pandemi Covid-19. (Adi)
 

177

Berita Terkait