Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

dr.Raymon Pratama: 5 Tips Mengatasi Cuaca Panas di Madinah

12-07-2019


* dr.Raymon Pratama sedang merawat pasien


(Berita Haji Lingga)-- Sebagai petugas haji di bidang kesehatan atau lebih dikenal Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dr. Raymon Pratama adalah sosok yang beruntung. Pria ramah dan murah senyum ini sangat familiar di kalangan masyarakat Dabo Singkep.

Musim haji 1440 H, beliau lulus seleksi menjadi petugas haji yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI. "Alhamdulillah ini adalah amanah yang saya terima sesuai dengan bidang dan disiplin saya,"ungkap dr.Raymon.

"Insyaallah akan saya tunaikan tugas ini dengan penuh tanggungjawab. Mohon doa dari seluruh masyarakat Lingga,"ujar pria alumni Fakultas Kedokteran UNRI ini.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi dampak bahaya cuaca panas. Misalnya :
1.Bibir pecah-pecah pencegahannya:gunakan pelembab bibir sesering mungkin,kosumsi buah dan sayur yg cukup, dan sering membasahi bibir dengan air minum.
2.kulit kering dan gatal pencegahannya: semprotkan air didaerah yg terkena panas sesering mungkin dan gunakan pelembab kulit.
3.kaki melepuh pencegahannya selalu memakai alas kaki dan membawa kantong untuk menyimpannya.BAwa sendiri,dan tidak ditinggalkan di luar mesjid.
4.tenggorokan kering dan batuk pencegahannya: sering seringlah membasahi tenggorokan kita dng air minum.
5.mimisan pencegahan: sering-seringlah membasahi masker dan menyemprotkan air dengan semprotkan ke area wajah.

"5 (lima) tips ini yg selalu kita ingatkan kepada seluruh jamaah haji lingga untuk tetap menjaga agar terhindar dari bahaya cuaca panas . Hal ini dapat membahayakan bila kita tidak mencegahnya,"kata dr.Raymon.

Menjelang selesai sholat Arbain pada Ahad ba'da Ashar, jamaah Lingga selalu membangun komunikasi melalui Karu dan Karom serta ketua kloter. Hal ini dilakukan guna memantapkan lagi persiapan menuju puncak haji di Mekkah nanti.(zaid)

103

Berita Terkait