Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Dr. H. Zulkarnain: Orang yang Mampu Harus Berkurban

22-07-2021


* Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dr. H.Zulkarnain didampingi putrinya Zulfa Uliani yang tahun ini turut serta berkurban

Batam (KEMENAG) --- Perayaan Hari Raya Idul Adha Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dr. H. Zulkarnain sebelum dilaksanakannya pemotongan hewan kurban yang berlokasi di belakang musala “Amal Ikhlas II” di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Batam Jl. Masjid Raya Baiturrahman No.1, Kelurahan Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang ini mengatakan,  secara ekonomi masih ada orang yang mampu secara ekonomi tapi tidak melaksanakan ibadah Kurban, Selasa (20/7) pagi.

Berkurban atau mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan seperti sapi atau kambing pada Hari Raya Idul Adha dan dua atau tiga hari setelahnya merupakan salah satu ajaran agama islam yang telah ditegaskan dalam Alqur’an (QS. Al-Kautsar [108]: 2 dan QS. Al-Hajj [22]: 36).   
       

Sebagaimana sabda Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, “Barang siapa memiliki kemampuan dan tidak mau berkurban, maka hendaknya dia tidak mendekati tempat shalat kami”.

“Jadi, bagi umat Islam yang mampu diwajibkan untuk berqurban,” ungkapnya.  

Selanjutnya, Dr. H. Zulkarnain juga menilai bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk orang yang mampu dan harus berkurban. Namun demikian, bagi orang miskin atau bagi yang tidak mampu sebenarnya sudah dikurbankan oleh Nabi SAW.
 

"Semoga kurban yang kita laksanakan setiap tahun diterima Allah SWT. Dan bisa kita tradisikan, kita bagikan daging kurbannya kepada saudara-saudara kita," harapnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh pegawai Kemenag Batam untuk menabung agar setiap tahunnya dapat melaksanakan kurban dengan cara menabung sebesar Rp: 200.000 per bulannya. Hal ini tentunya tidak memberatkan bagi ASN Kemenag Kota Batam, imbuhnya.
------------

Humas

63

Berita Terkait