Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI Gelar Jambore Pasraman V Di Denpasar Bali

04-07-2019


* Kegiatan Jambore Pasraman V di Denpasar Bali

Denpasar Bali (Inmas-Batam)- Melalui pesan WhatsApp, Penyelenggara Hindu Kemenag Batam Eko Prasetyo menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI menggelar kegiatan Jambore Pasraman V Tahun 2019, Kamis (4/7).

Kegiatan ini dilaksanakan di Denpasar Bali selama 6 hari, dimulai pada Selasa - Ahad, 2 - 7 Juli 2019.

Dari Provinsi Kepulauan Riau, diikuti sebanyak 22 orang peserta dan didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kepri DR.Drs. H..Mukhlisuddin, SH, MA, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Kepri, dan Penyelenggara Hindu  Kemenag Batam Eko Prasetyo.

Lanjutnya, 22 orang peserta itu adalah berasal dari siswa Sekolah Dasar, SMP dan tingkat SMA/SMK yang telah lolos seleksi Jambore Pasraman Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. 

Tema dari kegiatan ini adalah Jambore Pasraman sebagai wahana meningkatkan solidaritas dan kepekaan untuk Kesadaran Generasi Muda Hindu dalam Tanggung Jawab Membangun Masa depan Bangsa.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kepedulian dan rasa kebangsaan bagi generasi muda Hindu dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperluas jaringan Hindu di Nusantara dan meningkatkan Sradha dan bhakti generasi Hindu, meningkatkan moral, serta melestrasikan dan mengembangkan nilai  nilai kearifan lokal luhur budaya Hindu di Indonesia. 

Terakhir dikatakannya, cabang lomba yang dipertandingkan dalam Jambore V ini agak berbeda dengan Jambore sebelumnya, karena semula Dharma Widya (Cerdas Cermat) ada pada kegiatan Lomba Utsawa Dharma Gita (seni baca kitab suci Weda), mulai tahun ini cerdas cerdas cermat diperlombakan di Jambore Pasraman, bukan lagi di even Utsawa Dharma Gita. Selain Dharma Widya/Cerdas Cermat ada lagi cabang lain yang diperlombakan seperti Lomba Sembahyang Tri Sandhya, Keramaning Sembah, Lomba yoga asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Pelafalan doa sehari-hari dan Lomba Outbond.

(bad70/yd/eko)

130

Berita Terkait