Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

Dialog Kerukunan Umat Beragama Digelar di lingkungan Kemenag Anambas

11-11-2019


* Dialog Kerukunan Umat Beragama Digelar di lingkungan Kemenag Anambas

Anambas  – Dialog kerukunan antarumat beragama digelar di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang diselenggarakan di Hotel Anambas Inn, Tarempa, Kamis (7/11/2019). Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar, SH, MM.

Hadir dalam kegiatan yang mengambil tema ‘Mewujudkan Anambas yang Damai, Aman, dan Kondusif’ itu, antara lain, Lanal Anambas, Polres Anambas, Ketua FKUB dari enam agama, tokoh masyarakat, Ketua MUI, Ketua lam, Camat se-Kabupaten Anambas, Ketua Pengadilan Agama, organisasi pemuda, para Kades dan KUA se-Anambas.

Kakanwil Kemenag Kepri yang diwakili oleh Kabag Tata Usaha (TU), H.Abu Sufyan,S.Ag.M.Pd, mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam dari Kakanwil Kemenag Kepri yang tengah mengikuti kegiatan di Jambi.

Abu Sufyan mengungkapkan, pembangunan kerukunan umat beragama merupakan prioritas untuk membangun keharmonisan yang baik antarumat beragama.
“Saya yakin Anambas dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga kerukunan umat beragama,” ucap Abu Sufyan.

“Kita berharap, kegiatan ini lancar dan dapat menghasilkan yang terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Anambas, Sahtiar, SH, MM, yang mewakili Bupati Anambas, berharap kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tidak hanya mengkoordinir umat beragama saja, namun juga dapat memberikan masukan dan solusi kepada pemerintah daerah dalam mengantisipasi agar konflik yang mengancam kerukunan umat beragama bisa ditekan dan tidak membesar kemana-mana.

“Sebagai ujung tombak dan paling dekat dengan umat, FKUB pasti lebih tahu kondisi umatnya. Jadi, infokan ke kami untuk sama-sama kita mencari solusi jika ada satu persoalan di tengah masyarakat. Sehingga Anambas selalu kondusif dan harmonis,” ujar Sahtiar.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga mengatakan, Bupati Anambas yang kini sedang mengikuti Diklat Lemhanas sekitar dua bulan, sangat mendukung acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Anambas, Dr.H.Erizal Abdullah, menyampaikan, sebelum acara itu digelar, kegiatan serupa di tingkat kecamatan sudah diselenggarakan.

Dikatakan Erizal, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi diantara tokoh agama di Anambas.

Erizal berharap, kehadiran para tokoh agama dalam acara itu bisa meredam jika ada konflik yang terjadi antarumat beragama di Anambas.

Selanjutnya mantan Kakan Kemenag Batam itu mengungkapkan, output dari kegiatan itu bisa menciptakan sebuah desa kerukunan umat beragama di Anambas.

“Insya Allah, Kabupaten Anambas akan kita jadikan sebagai pulau percontohan kerukunan umat beragama. Kita jadikan Kabupaten Anambas yang rukun, aman, damai, dan kondusif,” ucapnya seraya menambahkan jika kerukunan merupakan modal dalam pembangunan.

Dalam acara itu Erizal juga menyampaikan Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Dr.H.Ali Rokhmad, akan berkunjung ke Anambas untuk peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Anambas.

“Ada 28 jenis pelayanan yang akan kita berikan pada masyarakat. PTSP Kemenag Anambas bermottokan ‘Molek’ yang artinya Mudah Optimal Loyalitas Efektif/Efisien dan Komitmen,” terangnya lagi.

“Dan, pada 2020 nanti, Kemenag Anambas mendapat bantuan pembangunan gedung yang representatif yaitu pembangunan gedung pelayanan haji umrah terpadu (PLHUT) dari dana SBSN,” tambah Erizal.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Suryadi, S.Pd.I, dalam laporannya mengatakan, kemajemukan dan keanekaragaman agama dan paham keyakinan yang ada di Indonesia merupakan aset berharga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Dan pada dasarnya kita sepakat bahwa keharmonisan dalam komunikasi antar dan intern sesama penganut agama adalah tujuan utama dari kerukunan beragama dengan harapan dapat tercipta masyarakat yang bebas dari ancaman kekerasan dan konflik agama,” ujar Suryadi.

Kegiatan yang diikuti sekitar 35 peserta itu, lanjutnya, bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tugas dan fungsi tokoh umat beragama, serta untuk mewujudkan umat beragama yang hidup toleransi.

Acara itu juga diisi penyampaian materi yang disampaikan Kabag TU Kanwil Kemenag Kepri, H. Abu Sufyan, tentang Moderasi Beragama dan Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama. Lalu, Kakan Kemenag Anambas, H.Erizal menyampaikan materi tentang Upaya Kemenag dalam Mewujudkan Toleransi Antar Umat Beragama dan Plt.Kasubbag TU Kemenag Anambas, H.Adam Nur,S.Ag, memaparkan soal Kerukunan antarumat Beragama, serta diskusi dengan para peserta.

 

80

Berita Terkait