Minggu 20 Juni 2021

Berita

Dekat Dengan Allah Membawa Ketenangan

10-05-2021


* Dekat Dengan Allah Membawa Ketenangan

Kepala Kemenag Kepulauan Anambas Dr. H. Erizal Abdullah memberikan tausiyah yang diselenggarakan usai salat Dzuhur di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri, Senin, 10 Mei 2021.

Kegiatan diawali dengan salat Dzuhur berjamaah. Sejumlah pejabat eselon III dan IV serta staf hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam tausiyahnya Erizal mengungkapkan beberapa pokok pikiran Imam Al Ghazali. Imam Al-Ghazali (wafat 1111 M) adalah ulama terkemuka dan termasyhur dalam dunia Islam memberi petuah lewat pertanyaan. Ia sangat mumpuni dalam bidang syariah (fikih, kalam, filsafat, dan tasawuf). Karya-karyanya begitu banyak dijadikan rujukan dan memberi inspirasi bagi generasi berikutnya.

Dia mengatakan, Al Ghazali pernah berujar bahwa sesungguhnya yang kita cari dalam hidup di dunia ini adalah kesenangan dan ketenangan.

“Banyak yang hidupnya senang karena memiliki harta namun tidak tenang, karena mungkin diperoleh dengan cara-cara yang tidak arif,” kata Erizal.

Lalu, Imam Al Ghazali mengajarkan untuk mencapai kesenangan dalam hidup di dunia ini, ada empat jalan yang bisa ditempuh.

Pertama, jalan makrifat. Salah satu ungkapan yang sangat masyhur di kalangan praktisi tasawuf Islam dari dahulu hingga sekarang adalah “man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu” (Barang siapa yang mengenal dirinya, sungguh ia telah mengenal Tuhannya).

“Dalam ibadah haji setiap jamaah wajib ke Arafah dengan esensi agar menjadi manusia yang arif. Makrifat diperoleh dengan ilmu pengetahuan. Nabi mengajarkan hendaklah kalian tidak meninggalkan generasi yang lemah, yang memiliki makna lemah aqidahnya, lemah ekonominya, lemah pendidikannya, dan lemah pergaulannya,” ujar Erizal.

Kedua, harta. Dengan harta manusia bisa memperolah kesenangan di dunia ini.

Ketiga, Sehat. Sehat penting dalam rangka mencapai kebahagiaan.  “Pandemi menuntut kita untuk tetap sehat. Walaupun terdapat takdir Allah dalam hidup dan mati kita, namun manusia wajib berusaha. Jadi orang kaya sekalipun jika tidak sehat, maka tidak bisa menikmatinya,” ucapnya.

Keempat, jabatan. Dengan adanya jabatan banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Dengan jabatan, kata Erizal seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menebarkan kebaikan.
 
Tetapi dari keempat hal tersebut, kata Erizal, Imam Al Ghazali berpesan semuanya tidak membawa ketenangan jika tidak dekat dengan Allah SWT. Jadi untuk mendapatkan ketenangan, harus selalu dekat dengan Allah.

45

Berita Terkait