Minggu 20 Juni 2021

Berita

Calon Pimpinan BAZNAS Kepri Periode 2021-2026 Resmi Diusulkan ke BAZNAS RI

06-05-2021


* Calon Pimpinan BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2026 Resmi Diusulkan ke BAZNAS RI

Jakarta (Humas) - Berdasarkan laporan hasil seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2026 setelah melalui tahapan administrasi, kompetensi dan masukan masyarakat (uji publik), usulan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau disampaikan kepada BAZNAS RI untuk mendapat pertimbangan pengangkatan.

Selaku Sekretaris dalam kepanitiaan seleksi, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I telah menugaskan anggota sekretariat yang berada dalam unit kerja Kanwil Kemenag Kepri untuk menyampaikan permohonan pertimbangan kepada BAZNAS RI, di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

"Dalam kesempatan kunjungan, permohonan pertimbangan telah disampaikan dan diterima oleh yakni Ibu Saidah Sakwan, MA (Pimpinan BAZNAS - Supervisi Provinsi Kepulauan Riau) dan Bapak Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani (Pimpinan BAZNAS) didampingi staf Divisi Pertimbangan BAZNAS Daerah," ujar Anggota Sekretariat Panitia Seleksi Rika Purwani, S.E.Sy, dalam laporannya.

Berdasarkan Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi dan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota, Pasal 5 menyatakan bahwa Pengangkatan Pimpinan BAZNAS Provinsi dan Pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota dilaksanakan setelah Pimpinan BAZNAS Provinsi dan Pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota dinyatakan lulus seleksi dan mendapat pertimbangan dari BAZNAS.

Adapun mekanisme pemberian pertimbangan, diatur dalam Pasal 12 PERBAZNAS Nomor 1 Tahun 2019 bahwa BAZNAS melakukan verifikasi administrasi dan  verifikasi faktual atas permohonan pertimbangan  pengangkatan calon Pimpinan BAZNAS Provinsi dan  Pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota. Hasil pelaksanaan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ditetapkan dalam surat pertimbangan pengangkatan.

“InsyaAllah permohonan akan diproses segera. Sekira verifikasi administrasi dianggap lengkap dan mencukupi (clear), verifikasi faktual akan dijadwalkan sebelum Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H secara daring (online). Nanti BAZNAS akan koordinasi kembali, teknisnya akan ditindaklanjut oleh staf”, ujar Saidah Sakwan.

"BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau sudah 2 (dua) kali perpanjangan masa kerja sementara, agar segera diproses pengangkatan pimpinan definitif sesuai ketentuannya. Mudah-mudahan lancar sebelum lebaran atau diproses setelah lebaran, mana yang lebih efektif akan kita kaji setelah verifikasi administrasi selesai. Jangka waktu pemberian pertimbangan BAZNAS paling lama 20 (dua puluh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal berkas permohonan Kami nyatakan lengkap”, jelasnya lagi.

Hadir dalam kunjungan koordinasi tersebut, Hj. Halimah, S.Ag Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Kepri.
 

252

Berita Terkait