Selasa 18 Juni 2019
Ats-tsulatsa 14 Syawal 1440

Berita

Buku Bimbingan Pranikah Melalui Pantun Bagi Generasi Milenial 4.0 Karya Erman Zaruddin

12-06-2019


* Buku Bimbingan Pranikah Melalui Pantun Bagi Generasi Milenial 4.0 Karya Erman Zaruddin

Bintan (Humas) - Buku Bimbingan Pranikah Melalui Pantun Bagi Generasi Milenial 4.0 ini merupakan karya ke enam yang dihasilkan Kepala Kantor Kementerian Agama Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd yang terbit pada Februari 2019. Buku ini sarat akan pesan dalam hal jodoh, pernikahan dan membina keluarga yang dibungkus dalam bahasa pantun melayu.

Bimbingan pranikah merupakan usaha secara sadar yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada calon pengantin menyangkut pernikahan dan keluarga, terutama generasi milenial 4.0. Generasi milenial adalah generasi yang lahir dan besar antara tahun 1980 hingga medio tahun 90 an.

Generasi milenial 4.0 adalah generasi milenial yang kehidupannya berbarengan dan dipengaruhi revolusi Industri 4.0, atau revolusi industri generasi ke empat. Dimana hampir semua aspek kehidupan manusia bisa diakses secara digital dan otomatis.

Generasi ini dianggap spesial karena berbeda dengan generasi sebelumnya, terutama menyangkut  penguasaan teknologi. Generasi ini dinilai cenderung lebih tidak peduli dengan lingkungan sosial dan kurang memperhatikan senioritas, namun lebih optimis, adaptif dengan perkembangan teknologi dan sudah tidak berorientasi kepada merek.

Maka dari itu dengan adanya buku Bimbingan Pranikah melalui Pantun bagi Generasi Milenial 4.0 ini, yang memuat 200 buah pantun, diharapkan memberikan gambaran gaya baru bagi generasi milenial untuk memahami persoalan-persoalan rumah tangga dan sekaligus menebarkan budaya berpantun dan menjaga identitas melayu, khususnya bagi generasi milenial di Kepulauan Riau, dan umumnya bagi bangsa Indonesia yang sedang bergerak menuju modernisasi dalam cara berpikir dan alat teknologi.

Selain buku ini, Erman juga sudah menulis lima buku lainnya yang semuanya diterbitkan oleh MediaGuru Nasional yaitu, Makku Melayu Yang Tegar dan Penyabar (April 2018), Untukmu Guru Hatimu Seputih Salju (Juli 2018), Mengabdi Tanpa Batas Berbuat Pantang Menyerah (Juli 2018), Penawar Rindu Buat Ayah (Oktober 2018), dan Gelora Hati Penggiat Literasi (Februari 2019).

Buku-buku tersebut biasanya menjadi buah tangan untuk para tamu yang bertamu ke Kantor. Terakhir, Kepala Kantor Kementerian Agama Bintan memberikan buku Antologi Pantun Lima Budaya Kerja dan Bimbingan Pranikah melalui Pantun kepada tim Inspektorat Jenderal Kementerian agama ketika berkunjung untuk melakukan pantauan dan evaluasi daftar hadir pasca cuti bersama Lebaran 2019. (amilia)

66

Berita Terkait