Senin 20 Mei 2019
Al-Itsnain 15 Ramadhan 1440

Berita

Buka Kegiatan Batshul Kitab, Kabag Tata Usaha Minta Kepala KUA Beri Pencerahan Kepada Umat

20-03-2019


* Buka Kegiatan Batshul Kitab, Kabag Tata Usaha Minta Kepala KUA Beri Pencerahan Kepada Umat

Tanjungpinang (Inmas)- Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan, S.Ag secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Batshul Kitab atau lebih dikenal dengan kajian Kitab Kuning, Rabu (20/3/2019) di Hotel Comforta Jalan Adi Sucipto Km. 10 Tanjungpinang. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Edi Batara dan pejabat eselon IV di lingkungan Bidang Bimas Islam dan sejumlah peserta. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta dari seluruh propinsi Kepulauan Riau.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana, H. Mustafa menyebutkan, penghulu adalah pejabat fungsional yang diberi tugas, tanggungjawab, dan wewenang melakukan pengawasan nikah dan kegiatan kepenghuluan lainnya, dimana selain berfungsi administratif, juga berfungsi sebagai pelayan dan juga berfungsi sebagai intelektual di masyarakat.

“Di era saat ini penghulu diharapkan mampu menjadi pelopor perubahan budaya, dari kemunduran semangat mengkaji keilmuan keagamaan ke tradisi yang lebih tinggi untuk mengkaji keilmuan yang bersumber dari kitab berbahasa Arab atau yang kita kenal sebagai Kitab Kuning,” kata Mustafa.

“Kegiatan ini bertujuan agar para penghulu kita memahami kitab kuning sekaligus menjadikannya sebagai literatur rujukan utama dalam menjalankan tugas”, tambah Mustafa.

Sementara itu Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan dalam arahannya menyebutkan penghulu dan Kepala KUA Kecamatan adalah ujung tombak Kemenag dalam memberikan layanan keagamaan kepada masyarakat. “Dalam perannya itu saya minta agar Kepala KUA mampu memberikan kesejukan kepada masyarakat, terutama menyikapi kondisi saat ini. Beri kontribusi dalam menjaga situasi yang kondusif di tengah masyarakat,” pesan Abu Sufyan.

“Sampaikan pesan-pesan yang sejuk, beri dukungan Kemenag yang sedang berbenah. Sebarkan saja informasi-informasi yang terkait dengan prestasi-prestasi yang telah diraih Kemenag kepada masyarakat, jangan ikut bikin panas suasana jika tidak menguasai persoalan,” ujarnya.

Terkait dengan kajian Kitab Kuning, Abu Sufyan meminta para Kepala KUA semakin mahir dalam mendalami kajian Kitab Kuning, mengingat masyarakat sangat membutuhkan penjelasan dan pencerahan oleh para Kepala KUA yang memang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan deklarasi KUA dan pengurus masjid dan surau se Propinsi Kepri menolak politisasi masjid dan surau sebagai tempat kampanye.
(hatiman)

38

Berita Terkait