Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

BPK Audit LK di Kanwil Kemenag Kepri

02-12-2019


* BPK Audit LK di Kanwil Kemenag Kepri

Tanjungpinang (inmas)-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menerima tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan, Senin (2/12/2019) di Aula Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua STAIN SAR Kepri, para pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil Kemenag Kepri dan STAIN SAR Kepri, para pengelola keuangan, bendaharawan, pengelola BMN, pengelola SAIBA dan sejumlah undangan.

Kakanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA dalam sambutannya mengatakan seluruh jajarannya siap untuk menyajikan data seakurat mungkin demi capaian kinerja yang terbaik.
“Kami menyadari bahwa audit BPK akan menentukan nasib Kemenag dalam mempertahankan opini laporan keuangan, karena bersama lima Kanwil Kemenag yang lain dijadikan sample. Tetapi kami meyakini bahwa kami sudah bekerja dengan seksama sehingga sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Kakanwil.

Sementara itu, Ketua Tim Auditor BPK, Denier mengatakan kehadiran timnya akan melakukan pemeriksaan di Kanwil Kemenag Kepri dan STAIN SAR Kepri selama lima hari ke depan.

Beberapa aspek yang akan dinilai antara lain penilaian sistem pengendalian intern pemerintah,  pengelolaan keuangan negara, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, penilaian tingkat kepatuhan terhadap regulasi, realisasi tindak lanjut, reval aset yang sudah dilakukan, termasuk evaluasi mengapa tidak dilakukan reval terhadap aset yang seharusnya dilakukan.  

“Kami mohon berikan dukungan dokumen yang dibutuhkan oleh tim.  Dimohon kerjasamanya. Kami menilai dokumen awal yang sudah diberikan kepada kami sudah cukup lengkap, namun kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah sesuai dengan fakta-fakta di lapangan,” ucap Denier. (hatiman)
 

33

Berita Terkait